Kunjungan Kerja ke Balittri, Wamentan Tekankan Pentingnya Regenerasi Petani

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi, melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Kamis 16 September 2021. Tujuan utama kunjungan ini adalah mendorong percepatan adopsi teknologi melalui diseminasi benih unggul perkebunan.

Selain itu, dalam sesi diskusi bersama petani, Wamentan juga menekankan pentingnya regenerasi petani. Menurut beliau, hal ini menjadi salah satu masalah utama pertanian di Indonesia selain keterbatasan lahan. Tanpa regenerasi, Indonesia akan sulit mempertahankan gelarnya sebagai negara agraris.

“Inti dari masalah ini adalah ketertarikan atau motivasi kita semua ke dunia pertanian dan pangan. Perlu lingkungan yang kondusif, motivasi semua pihak untuk pengembangan hilirisasi di Indonesia,” ungkap Wamentan.

Dengan situasi yang kondusif, program bisa berjalan baik, sumber daya dapat dieksplorasi, pengangguran ditekan, dan pendapatan petani meningkat. Pendapatan yang meningkat diyakini mampu menggenjot minat kaum muda ke dunia pertanian, sehingga alih fungsi lahan ke non-pertanian bisa ditekan.

Selanjutnya, petani muda ini diharapkan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang kreatif. Hasil atau pencapaiannya pun perlu disampaikan ke masyarakat untuk mengedukasi dan menumbuhkan ketertarikan lebih dalam di bidang pertanian.

“Presiden sangat concern mengenai masalah ini. Beliau sangat teknis dan detail, terus memberi kritikan dan masukan agar kita semua bekerja untuk masyarakat. Saya harap kita semua bisa menjaga situasi tetap kondusif, insya Allah akan menjadi berkah,” pungkasnya. (Nurul/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *