Koordinasi dan Investigasi Kegiatan RPIK Kopi-Lada

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu lembaga litbang Kementerian Pertanian, berpartisipasi aktif dalam Riset Pengembangan Inovasi Kolaboratif (RPIK) lada dan kopi Robusta. Kegiatan riset kolaboratif ini diikuti oleh BBSDLP, BBP2TP, BALITTRO, BB MEKTAN, BB PASACA PANEN, PUSLITBANGBUN dan BALITTANAH yang berlangsung di Sukabumi dan Lampung selama 5 hari dari tanggal 25-29 Mei 2021. Kegiatan berupa koordinasi dan survei lokasi penanaman lada dan kopi Robusta. Hadir Kepala Balittri Dr. Tri Joko Santoso, SP., M.Si. dan peneliti dari Balittri antara lain Nur Kholilatul Izzah, SP. M.P., Ph.D., Ir. Saefudin, Sakiroh S.P., M.Sc. dan Drs. M. Laba Udarno TS.

Acara dimulai dengan koordinasi terlebih dahulu dengan Bappeda Provinsi Lampung untuk melakukan kegiatan RPIK Lada di Kabupaten Tanggamus yaitu Kecamatan Air Naningan dan Kabupaten Pulau Panggung. Kemudian dilakukan survei lapangan di kecamatan Pulau Panggung yang diawali dengan koordinasi di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang dihadiri oleh Bupati Hj. Dewi Handajani, SE, MM., Kepala Dinas, Dekan UNILA dan PPL.

Bupati Tanggamus menyatakan bahwa luas wilayah perkebunan di Tanggamus seluas 81.874 hektar, dimana perkebunan kopi Robusta sebagai tanaman utama, dengan luas 41.270 hektar dan hasil 34.129 ton/tahun, sedangkan komoditas lada dengan luas 7.859 hektar dengan hasil 3.483 ton/tahun. Dalam hal ini Kabupaten Tanggamus merupakan daerah penghasil kopi dan lada terbesar kedua di Provinsi Lampung, setelah Kabupaten Lampung Timur, dimana Air Naningan merupakan salah satu sentra produksi lada terbesar di Kabupaten Tanggamus. Selanjutnya dilakukan survei lapangan pada perkebunan lada monokultur dan tumpangsari lada dan kopi Robusta di Kec. Pulau Panggung.

Kegiatan survei lapangan di Kec. Pulau Panggung daerah Batu Bedir terdapat lada monokultur dan banyak yang terserang penyakit tanaman, sehingga populasinya berkurang. Kemudian di Kec. Air Naningan melakukan survei lapangan lada dan kopi Robusta, lokasi percontohan lada dan benih lada monokultur.

Terakhir dilakukan koordinasi dengan anggota kelompok tani Karya Makmur Pekon Sido Mulyo untuk pemetaan wilayah yang akan dijadikan demfarm rehabilitasi Lada dengan Kopi Robusta. Dalam pertemuan ini juga dilaksanakan pelatihan pemetaan lahan dengan program avenza, menyusun CPCL (calon petani calon lahan), mengetahui kendala petani lada dan kopi, dan kegiatan dikebun dalam RPIK lada dan kopi. Kemudian dilanjutkan dengan survey untuk demplot Lada dan kopi seluas 1 ha.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *