Ketahanan Pangan Selama Pandemi

Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Aspek penting ketahanan pangan yang perlu ditingkatkan pemerintah adalah stabilitas pangan terutama aspek pemeliharaan, agar lahan pertanian yang beririgasi tidak semakin banyak dikonversi untuk penggunaan non-pertanian. Pada saat yang sama, untuk meningkatkan pemanfaatan pangan, perlu dilakukan sosialisasi atau diseminasi informasi, pentingnya makan makanan bergizi bagi semua orang kepada masyarakat melalui berbagai media. Dalam suatu pandemi, selama sektor pertanian dapat mempertahankan pertumbuhan, Covid-19 tidak akan mengganggu akses, dan penggunaan pangan.

Hasil empiris juga menunjukkan bahwa pada masa resesi Covid-19, penurunan pertumbuhan ekonomi bukan merupakan faktor penentu stabilitas pangan. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Penelitian selanjutnya adalah: 1) Sesuai dengan kategori tingkat kerawanan pangan, melakukan penelitian ketahanan pangan di tingkat daerah untuk mengetahui secara tepat aspek ketahanan pangan yang perlu ditingkatkan. 2) Di tingkat keluarga, penelitian juga diperlukan empat aspek ketahanan pangan dibagi berdasarkan objek penelitian menurut wilayah (rumah tangga perkotaan dan pedesaan), berdasarkan kelas ekonomi (miskin dan kaya), dan berdasarkan sektor ekonomi (rumah tangga pertanian, buruh dan pekerja). (Bur/Tim web)

Sumber : Warta: SITUASI KETAHANAN PANGAN DI MASA PANDEMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *