Keragaman Fenotipe dan Genetik Tiga Varietas Kelapa Genjah Kopyor Asal Pati Jawa Tengah

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kelapa Genjah kopyor asal Pati, Jawa Tengah merupakan kekakayaan hayati asli Indonesia dengan nilai ekonomi tinggi. Informasi keragaman genetik kelapa kopyor masih terbatas. Data keragaman morfologi dan genetik diperlukan dalam program pemuliaan kelapa kopyor.

Berdasarkan karakteristik morfologis dan marka SSR, keragaman antar tanaman dalam varietas kelapa Genjah kopyor asal Pati tergolong rendah (< 20%) untuk morfologis dan < 22% untuk SSR). Sebaliknya keragaman antar varietas berdasarkan karakteristik morfologis dan marka SSR tergolong tinggi (95% untuk morfologis dan 32% untuk SSR).

Kuantitas endosperma buah kopyor dari kelapa Genjah kopyor asal Pati bervariasi, antara skor 1 ­± 6. Keragaman genetik yang relatif tinggi antara ketiga varietas merupakan dasar pembeda dalam pelepasan ketiga varietas kelapa Genjah kopyor Pati. Sebaliknya, keragaman genetik antar tanaman dalam varietas yang rendah memungkinkan penggunaan masing-masing varietas sebagai tetua dalam program perakitan varietas unggul baru.

Info terkait : Jurnal Littri Puslitbang Perkebunan Vol. 21 No. 1, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *