Kepala Puslitbang Perkebunan Keynote Speaker pada Plant Protection Day dan Seminar Nasional 2020 UNPAD

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

UNPAD (26/10/2020) diselenggarakan Plant Protection Day dan Seminar Nasional 2020 (PPDSN4-2020) merupakan kegiatan nasional yang diadakan oleh Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (UNPAD). Kegiatan PPDSN4-2020 ini berisikan seminar nasional (webinar) dan perlombaan (berbasis online). Adapun tema yang diambil untuk kegiatan PPDSN4-2020 ini yaitu “Inovasi Masa Kini dan Tantangan Masa Depan Perlindungan Tanaman”.

Tujuan seminar adalah (1) meningkatkan peran serta dan kolaborasi antar akademisi, peneliti, praktisi dan pengambil kebijakan dalam menentukan strategi perlindungan tanaman yang tepat salah satunya penggunaan dan pengaplikasian pestisida, sehingga produk pertanian yang dihasilkan mampu menjaga ketahanan pangan dan lingkungan, dan (2) Meningkatkan kesadaran, wawasan, pengetahuan dan keterampilan generasi muda Indonesia dalam bidang perlindungan tanaman.

Seminar dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UNPAD, Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., usai sambutan oleh Dekan Fakultas Pertanian UNPAD, Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. Hadir sebagai Keynote Speech pada seminar nasional bergengsi tersebut: Dr. H. Syahrul Limpo SH, M.Si, MH/Menteri Pertanian RI, dan dua Guest Speaker Prof. Katahira Mitsuhiko/Faculty of Agriculture, Yamagata University, Dhirencranath Singh/Ph.D student) From Faculty of Agriculture, Yamagata University, Sutomo, Ph.D/Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc, Ph.D/Universitas Padjadjaran.

Kegiatan Semnas online ini dihadiri lebih dari 575 peserta dari berbagai perguruan tinggi baik dalam negeri dan luar negeri mengangkat sub tema terkait: Inovasi Teknologi Pemanfaatan Musuh Alami dan Agen Hayati, Inovasi Teknologi Perlindungan Tanaman dalam Menghadapi Perubahan Iklim, Inovasi Teknologi Rekayasa dalam Perlindungan Tanaman, Aplikasi Teknologi Informasi dalam Perlindungan Tanaman dan Inovasi Teknologi Pestisida Bahan Alam.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) Ir. Syafaruddin, Ph.D., mendapat mandat sebagai Keynote Speech pada kesempatan tersebut mewakili Menteri Pertanian RI dan ahli di bidang Plant Breeding.

Kapus, menyatakan, bahwa seminar nasional kali ini merupakan kerhormatan dan kepercayaan dari Menteri Pertanian untuk menyampaikan gagasan dan pemikiran-pemikiran penting inovasi terkait perlindungan tanaman dalam rangka untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan dan menjaga eksistensi lingkungan dalam rangka kemandirian, kemajuan dan modernisasi pembangunan pertanian. Adapun pokok bahasan yang disampaikan Kapus meliputi: Remaining issue, Hama dan Penyakit Tanaman Baru, Sistem Mitigasi dan Pengendalian OPT, dan Kebijakan Inovasi dan Litbang Perlindungan Tanaman.

Di akhir paparannya, Kapus mengajak semua kalangan terutama akademisi dan peneliti untuk terus berinovasi melalui berbagai riset dengan menciptakan teknologi-teknologi baru dalam rangka perlindungan tanaman dalam mendukung pembangunan pertanian modern dimasa mendatang. Tentu untuk mencapai hal tersebut diperlukan koordinasi dan sinergi yang solid terutama antara perguruan tinggi sebagai basis keilmuan dan lembaga riset terutama Balitbangtan Kementan sebagai lembaga penelitian dan pengembangan pertanian dan dengan Dirjen Teknis terkait Kementerian Pertanian, tegas Kapus. (Sae, Bur dan Tim Web)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *