Kepala Balitbangtan : “WFH Tetap Pacu Kinerja Seluruh Pegawai Lingkup Badan Litbang Pertanian”

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Indonesia

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Dr. Fadjry Djufry, kembali memberikan arahan kepada seluruh Unit Kerja /Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) lingkup Balitbangtan agar metode kerja Work From Home (WFH) dijadikan sebagai pemacu pencapaian kinerja. Hal tersebut disampaikan Fadjry dalam pertemuan terbatas Pejabat Eselon II melalui Video Teleconference, dan dilanjutkan dengan diskusi penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan, serta pencegahan dan penanggulangan COVID-19, bersama seluruh UK/UPT lingkup Balitbangtan pada rabu (1/4) .

Fadjry menyampaikan arahan dari Bapak Menteri Pertanian terkait 11 kebutuhan pangan dasar rakyat yang harus dipantau khususnya dalam situasi penyebaran wabah COVID-19 saat ini, antara lain seperti, beras, jagung, minyak, susu, telur, daging, cabai, dan bawang agar selalu tersedia di pasar. Beliau juga menghimbau kepada seluruh UK/UPT untuk tetap fokus dalam penyerapan anggaran sesuai dengan target yang ditetapkan sebelumnya dan menyediakan sarana/prasarana untuk membantu masyarakat dalam pencegahan dan penyebaran COVID-19.

“Bagi kita WFH bukanlah momen untuk bersantai dirumah, melainkan momen untuk bekerja lebih keras karena kita punya target serapan anggaran yang harus dicapai. Saya berharap setiap hari masing-masing UK/UPT melaporkan kegiatan dan realisasi anggarannya serta akan dievaluasi setiap minggunya. Karena saat ini kita perlu melakukan akselerasi untuk mengejar target kinerja kita”, jelas Fadjry.

“Masing-masing UK/UPT saya harap juga dapat menyediakan sarana untuk membantu masyarakat dalam situasi penyebaran COVID-19 ini, seperti hand sanitizer, cairan disinfektan, vitamin, makanan dan lain sebagainya, sesuai arahan dari Bapak Menteri Pertanian”, tambahnya.

Sebagai tindak lanjut dari arahan Kepala Balitbangtan, dihari yang sama Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Ir. Syafaruddin, Ph.D bertindak cepat dengan melakukan koordinasi bersama seluruh Kepala Balai Penelitian lingkupnya melalui video teleconference. Syafaruddin menegaskan agar seluruh Kepala Balai mampu memaksimalkan kinerja pegawainya sesuai tugas dan fungsinya meskipun bekerja dari rumah. Selain itu kesehatan seluruh pegawai juga harus selalu diperhatikan dengan SOP pencegahan COVID-19 sesuai standar yang berlaku dilingkungan kantor.

Terkait dengan penyediaan Hand Sanitizer menggunakan bahan alami sesuai arahan Kabadan yang akan dikoordinir oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Syafaruddin menghimbau agar perkembangannya dapat terus dipantau oleh Kepala Balittro, hal tersebut guna memastikan produksinya mencukupi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

“Saya berharap kita dapat terus memaksimalkan kinerja kita dengan tidak mengabaikan kesehatan kita saat ini. Pencapaian target realisasi anggaran, pelayanan maksimal kepada masyarakat, dan diseminasi informasi tentang pencapaian Puslitbangbun harus selalu dipantau setiap hari, saya yakin kita mampu untuk itu”, tutup Kapuslitbangbun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *