Kepala Badan Litbang Pertanian Resmikan Laboratorium Terpadu BALITTAS

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN- Laboratorium merupakan salah satu unit kerja yang sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan penelitian pada suatu balai penelitian. Dalam memberikan pelayanan pengujian, analisis, identifikasi dan pengolahan, maka laboratorium selalu mengutamakan mutu hasil kerja atau pengujian/analisis dan kepuasan pelanggan serta menjamin pelaksanaan pengujian sesuai prosedur standar. Pengujian atau analisis dilakukan secara profesional menggunakan fasilitas dan peralatan yang terkalibrasi dan standar berdasarkan manajemen mutu terpadu dan panduan mutu yang mengacu pada ISO 17025-2008.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr.Ir. Fadjry Djufry, M.Si., meresmikan Laboratorium Terpadu Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Malang (3/04/19). Laboratorium terpadu ini terdiri dari empat lantai yang pembangunannya dimulai pada tahun 2013, dan mulai dioperasional pada tahun 2018, ujar Kepala Balittas Dr. Muchammad Cholid dalam sambutan selamat datangnya. Lantai 1 diperuntukkan untuk kegiatan preparasi, lantai 2 untuk kegiatan bioteknologi dan kultur jaringan, lantai 3 kegiatan bioprosesing, dan lantai 4 untuk kegiatan biokontrol. dengan adanya laboratorium terpadu, pekerjaan dapat menjadi lebih efisien dalam menunjang kegiatan penelitian dan pencapaian hasil analisis yang akurat sehingga dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasi pada Jurnal terindeks global.

Kepala Balitbangtan dalam sambutannya menyampaikan bahwa laboratorium yang tangguh merupakan salah satu penciri lembaga penelitian yang handal. Peralatan yang standar dan sumber daya manusia yang profesional dibutuhkan untuk menjamin terselengaranya penelitian di laboratorium dalam menghasilkan data atau hasil penelitian yang akurat. “Pengujian dan analisis harus mengikuti perkembangan teknologi dalam menghadapi era global, guna memberi jaminan konsistensi, kompetensi serta teknis pengujian dan secara berkelanjutan meningkatkan/menyempurnakan efektivitas sistem manajemen,” ujar Kepala Balitbangtan.

Selanjutnya Kepala Balitbangtan meresmikan Laboratorium Terpadu Balittas dengan melakukan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. M. Prama Yufdy, jajaran pejabat lingkup Balitbangtan, peneliti, dan para undangan yang hadir. Rombongan selanjutnya meninjau ruangan dan peralatan serta kegiatan yang berlangsung di laboratorium, dipandu oleh Kepala Balittas yang didampingi oleh para penanggung jawab kegiatan. Pengelolaan laboratorium dapat dioptimalkan untuk memberikan hasil penelitian yang akurat, serta dapat meningkatkan pelayanan analisis.

Sumber: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *