Kegiatan Pendampingan Peningkatkan Kapasitas Petugas Teknis/Petani Cengkeh dan Jahe Pemkab. Poso di Balittro

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Bogor, Selasa tanggal 26 Juli 2016, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan obat (Balittro) menerima rombongan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Poso sebanyak 18 orang. Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang P2HP, Ir. Amin, M.Si., yang diterima langsung oleh Kepala Balittro, Dr. Agus Wahyudi. 

Dalam sambutannya Ir. Amin, M.Si., menyampaikan bahwa kunjungan ke Balittro dalam rangka meningkatkan kapasitas petugas teknis/petani pertanian dan perkebunan. Selain itu juga untuk mendukung upaya peningkatan produksi, produktivitas tanaman dan mutu produksi tanaman obat-obatan dan perkebunan khususnya tanaman jahe dan cengkeh bagi petugas teknis dan petani di Kabupaten Poso.

Kepala Balittro, Dr. Agus Wahyudi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pendampingan budidaya dan pengolahan pascapanen cengkeh dan jahe oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Poso ke Balittro. Kepala Balittro menyampaikan kegiatan pendampingan ini akan dipandu oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya antara lain Dr. Nurliani Bermawie sebagai narasumber Cengkeh, Ma’mun, Ssi sebagai narasumber pengolahan pasca panen penyulingan minyak atsiri cengkeh dan Ir. Ana Bagem Sembiring sebagai narasumber Jahe skala home industry.

Kegiatan pendampingan ini selain pemaparan materi oleh narasumber diadakan pula praktek penyulingan minyak atsiri cengkeh dan demo pembuatan instan jahe, pembuatan permen jahe, dan pembuatan minuman kesehatan.

Foto: Acara Pembukaan Pendampingan oleh Kepala Balittro Dr. Agus Wahyudi (kiri), pelaksanaan demo pembuatan permen, instan, dan minuman kesehatan Jahe oleh Narasumber Ir. Ana Bagem Sembiring.

Foto: Penyampaian materi pengolahan pasca panen penyulingan minyak atsiri cengkeh oleh narasumber Ma’mun,S.Si. (kiri), dan penyampaikan materi cengkeh oleh narasumber Dr. Nurliani Bermawie (kanan).

Foto: Foto bersama Kepala Balittro dengan rombongan di depan Gedung Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro).

Liputan : Efiana, Balittro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *