Karakteristik Cadangan Makanan pada Benih Palma yang Siap Panen

Artikel Palma Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan produktivitas tanaman adalah pemilihan bibitnya. Tidak hanya harus memiliki sifat unggul, benih juga perlu dipanen di waktu yang tepat. Pemanenan benih yang terlalu cepat dapat mengurangi ketersediaan cadangan makanan yang ada di dalamnya. 

Padahal cadangan makanan sangat penting karena calon tanaman belum bisa memproduksi makanannya sendiri. Jika tidak terpenuhi, viabilitas atau daya berkecambah benih bisa menurun. 

Pembentukan cadangan makanan merupakan salah satu proses perkembangan benih yang dialami setiap tanaman, termasuk palma. Selama proses pematangan buah, endosperm akan mengeras. 

Menurut M. Roiyan dan Nyoto Priyono, peneliti Balit Palma, cadangan makanan pada tanaman palma muda masih berbentuk cair, lunak, transparan, dan belum mengalami pengerasan. Cairan ini sebenarnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan benih.

Akan tetapi, jika dipanen dalam kondisi demikian, benih sulit berkeambah karena cadangan makanan belum terbentuk sempurna. Kalaupun berkecambah, pertumbuhannya kemungkinan tidak akan optimal, bahkan abnormal karena nutrisi tidak bisa dipenuhi. 

Seiring berjalannya waktu, cairan ini akan mengeras. Pada kondisi tersebut, benih siap dipanen dan dimanfaatkan oleh embrio sebagai cadangan makanan agar dapat berkecambah secara optimal. (Nurul/Tim Web)

Ingin tahu lebih lanjut tentang karakteristik cadangan makanan pada tanaman palma? Simak selengkapnya pada link berikut: Karakteristik Cadangan Makanan pada Benih Palma yang Siap Panen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *