Kapuslitbang Perkebunan Sampaikan Kuliah Umum ke-16 di Fakultas Bioindustri Universitas Trilogi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puslitbang Perkebunan sebagai salah satu lembaga riset eselon II di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian selain dituntut menghasilkan inovasi teknologi perkebunan juga memiliki tugas untuk mendiseminasikan hasil teknologi ke masyarakat terutama ke perguruan tinggi.

Dicetuskannya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud sejak 2019, perguruan tinggi dituntut untuk mengubah model dan pendekatan proses belajar dan mengajar mahasiswa. Peserta didik tidak hanya dituntut menyelesaikan studi di dalam kampus, namun juga mampu melakukan pembelajaran di luar kampus.

Untuk itu, perguruan tinggi dituntut untuk membuka akses atau jaringan kerja sama yang luas dengan berbagai stakeholder dalam rangka mensukseskan dan akselerasi program MBKM dalam mencapai tujuan utamanya: (1) Meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills dan hard skills, (2) Lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, dan (3) Menyiapkan SDM pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Dalam rangka mendukung hal tersebut, Fakultas Bioindustri Universitas Trilogi menandatangani Nota Kesepahaman dengan Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala Puslitbang Perkebunan secara online. Penandatanganan kerja sama disaksikan oleh civitas akademika Universitas Trilogi termasuk Dewan Pembinanya, yaitu Prof. Haryono Suyono.

Puslitbang Perkebunan menyiapkan beberapa kegiatan sebagai tindak lanjut, antara lain: (1) Kerja sama bidang penelitian, (2) Diseminasi Teknologi, (3) Sinergisitas program dan kegiatan penelitian, (4) Bimbingan teknis, (5) Pertemuan ilmiah dan Publikasi, (6) Transformasi teknologi, (7) Magang/Kerja Praktek, (8) mendukung proses belajar mengajar, dan (9) Bimbingan tesis dan disertasi.

Dalam sambutan pembuka, Rektor Prof. Mudrajad Kuncoro menyampaikan terima kasih atas respons cepat Kepala Balitbangtan dalam penandatanganan MoU. Rektor berharap Universitas Trilogi mampu bersinergi mendukung program MBKM, bukan hanya dengan Puslitbang Perkebunan.

Usai penandatanganan kerja sama, Kapus menyampaikan kuliah umum di hadapan 130 lebih peserta yang mengangkat tema “Peluang dan Kegiatan Magang Serta Penelitian di Lingkup Puslitbang Perkebunan”. Ini merupakan kegiatan kuliah umum yang ke-16 dari 18 perguruan tinggi/fakultas yang telah bekerja sama dengan Puslitbang Perekebunan selama 2020-2021.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Bioindustri Dr. Inanpi Hidayati .S menyampaikan sambutan secara terpisah saat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Balit Palma sebagai unit eselon III di bawah Puslitbang Perkebunan. Dekan berharap mampu mendapat banyak hal atas kerja sama yang telah dilakukan kedua belah pihak, terutama dalam kolaborasi riset dan meningkatkan kempauan staf pengajar dan mahasiswa. (Sae/Tim Web).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *