Kapuslitbang Perkebunan Pastikan Keterbukaan Informasi Publik yang Cepat dan Transparan dalam Memberikan Pelayanan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D turut serta pada kegiatan Penandatangan Komitmen Layanan Informasi Publik Lingkup Badan Litbang Pertanian, bersama seluruh Pimpinan Unit Kerja (UK) Eselon II dalam acara Evaluasi dan Bimtek Keterbukaan Informasi Publik Balitbangtan, Kamis, (10/6) di Kantor Balitbangtan, Jakarta.

Disaksikan langsung oleh Kepala Balitbangtan (Dr. Fadjry Djufry), Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) yang diwakili oleh Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi KIP (Romanus Ndau) dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan (Kuntoro Boga Andri, Ph.D) yang hadir sebagai narasumber, Kapuslitbang Perkebunan bersama pimpinan UK lainnya menandatangani Komitmen Layanan Informasi Publik Balitbangtan dalam upaya memberikan pelayanan informasi publik yang optimal kepada masyarakat.

Fadjry Djufry dalam sambutannya menegaskan, bahwa tahun lalu Balitbangtan berhasil meraih juara pertama dalam pelayanan informasi publik lingkup Kementerian Pertanian. Beliau berharap agar hal tersebut dapat terus dipertahankan tentunya dengan dukungan dari masing-masing UK/UPT di bawah Balitbangtan.

“Tahun lalu kita berhasil menjadi yang terbaik dalam pelayanan informasi publik, kami berharap hal ini dapat dipertahankan bukan karena kita ingin mendapat penghargaan, melainkan karena kita sebagai abdi negara yang memiliki tanggung jawab kepada masyarakat dalam memberikan informasi secara maksimal”. Jelas Kabadan Litbang.

Kapuslitbang Perkebunan juga menjelaskan, bahwa Puslitbang Perkebunan bersama 4 UPTnya (Balittro, Balittas, Balit Palma dan Balittri) yang hadir pada kegiatan ini berkomitmen menjaga pelayanan informasi publik yang transparan, cepat dan akurat.

“Pada hari ini, secara langsung di hadapan kepala Balitbangtan, Karo Humas Kementan, Pimpinan KIP dan pimpinan UK/UPT yang hadir. Puslitbang Perkebunan bersama 4 UPT kami menyatakan komitmennya untuk memberikan pelayanan informasi publik yang transparan, cepat serta akurat untuk seluruh masyarakat”. Ungkap Syafaruddin.

“Lebih jauh bentuk komitmen serta upaya yang telah kami lakukan untuk meningkatkan pelayanan informasi ialah dengan mengalokasikan anggaran khusus untuk mendukung kegiatan PPID, peningkatan kualitas SDM PPID serta penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan PPID kami. Alhamdulillah, hasilnya salah satu Balai kami yaitu Balittri berhasil meraih peringkat terbaik sebagai UPT paling informatif di Kementerian Pertanian. Tentunya kami berharap agar UPT yang lain dapat terpacu melakukan hal yang sama”. Tambah beliau.

Dalam acara ini juga turut dilakukan penyerahan penghargaan Abdibaktitani bagi Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi di Bidang Pertanian Tahun 2020. Salah satu UPT yang menerima penghargaan yaitu Balai Penelitian Tanaman Rempat dan Obat (Balittro) sebagai lembaga pelayanan publik berprestasi utama bidang pertanian dari Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan.

Kapuslitbang Perkebunan sangat mengapresiasi penghargaan tersebut sekaligus memberikan selamat atas kerja keras yang dilakukan Balittro dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh salah satu Balai kami yaitu Balittro yang mendapatkan penghargaan Abdi Bakti Tani dari hasil kerja keras seluruh timnya. Semoga hal ini dapat terus dipertahankan dan memacu UK/UPT lain dalam memberikan pelayanan yang prima kepada publik”. Tutup Kapus.

Sebagai informasi, acara Evaluasi dan Bimtek KIP ini dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh pengelola informasi publik lingkup Balitbangtan, dengan menghadirkan narasumber yaitu Bapak Kuntoro Boga Andri selaku Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan yang menjelaskan tentang program-program utama Kementan yang harus dideraskan informasinya kepada masyarakat serta Ketua KIP yang diwakili oleh Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi KIP, Bapak Romanus Ndau yang menjelaskan pentingnya peran Lembaga pemerintah dalam melakukan keterbukaan informasi publik. (Anjas-Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *