Kapus Dukung Penuh dan Tindaklanjuti Arahan Mentan Terkait Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 41

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Senin, 25 Oktober 2021 Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) melakukan aktivitas rutin upacara apel pagi, sebelum melakukan aktivitas kerja. Upacara diikuti oleh seluruh karyawan baik hadir secara off line dan online, berlangsung secara seksama.

Dalam arahannya Kapus Litbang Perkebunan menyampaikan, bahwa pada saat yang bersamaan dengan apel pagi, juga dilaksanakan kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) atau World Food Day tahun 2021 di lapangan. Berkenaan dengan itu, Menteri Pertanian Rl melakukan panen secara serentak di seluruh lndonesia. Pelaksanaan HPS ke 41 dipusatkan di Desa Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, dengan rangkaian kegiatan antara lain: olah tanah, tanam, panen, bimtek di masing-masing Unit Kerja lingkup Kementerian Pertanian.

Kegiatan HPS ini diisi dengan kegiatan positif, diantaranya yaitu memberikan santunan kepada 50-100 orang yang layak menerima, melakukan do’a bersama untuk kemajuan pertanian, kemaslahatan bangsa dan negara, tegas Kapus..

Kapus menyampaikan arahan Menteri Pertanian kepada semua jajarannya untuk membuat program baru, khususnya penanganan dampak pemanasan global terhadap sektor pertanian. Antisipasi dampak perubahan iklim harus dilawan dengan teknologi yang berbasis saintifik. Varietas yang dihasilkan Balitbangtan harus bisa tahan dari segala cuaca, tahan air dan tahan terhadap kekeringan.

Kapus Litbang Perkebunan merespon arahan Mentan dengan melakukan konsolidasi ke seluruh Balai lingkup Puslitbang Perkebunan untuk menyemarakan, mendukung suksesnya kegiatan HPS ke 41 secara online.

Dalam arahanya Kapus juga menyampaikan perkembangan realisasi dan serapan anggaran hingga Oktiber 2021. Serapan anggaran hingga saat ini, Puslitbangbun telah mencapai 87 %, sesuai target yang rencanakan. Untuk meningkatkan capaian serapan anggaran, Kapus mengajak seluruh penanggungjawab kegiatan untuk melakukan langkah-langkah teknis dan non teknis dari sisa bulan yang ada, dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan.

Ditengah situasi perkembangan Covid-19 dan situasi transisi perkembangan birokrasi akahir-akhir ini terutama dalam menyikapi peralihan fungsional, Kapus menghimbau seluruh karyawan untuk tetap happy serta meningkatkan imunitas. Hal penting agar tidak menganggu kinerja selama menjalankan tugas-tugas kantor. Sae dan Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *