Informasi Publik Yang Transparan, Cepat Dan Mudah Jadi Komitmen Utama Puslitbang Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan ikut serta dalam kegiatan pertemuan Persiapan pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) sebagai upaya mengoptimalkan komitmen seluruh Unit Kerja Lingkup (UK) / Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balitbangtan terhadap Informasi Publik yang transparan, cepat dan mudah, pada hari Jumat (12/6) secara online.

Acara yang dihadiri seluruh PPID dari UK/UPT lingkup Balitbangtan ini dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA. Dalam arahannya, Haris menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan kita untuk memiliki target pada Pengelolaan Informasi Publik (IP) yang kita lakukan, agar dapat lebih cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kegiatan Pemeringkatan Keterbukaan IP lingkup Kementerian Pertanian, yang diselenggarakan oleh Biro Humas dan Informasi Publik Kementan.

“Pengelolaan Informasi Publik yang optimal merupakan bentuk tanggung jawab kita secara langsung terhadap masyarakat Indonesia, maka itu saya ingin ada atensi serta komitmen dari Bapak/Ibu semua, apapun yang diperlukan mari kita lakukan untuk medorong Pengelolaan IP yang lebih baik”, Ujar Haris.

“Saya ingin ada terobosan, mungkin saat ini kita hanya fokus pada hasil penelitian yang dikomunikasikan hanya kepada Petani, kedepan kita harus berinovasi untuk fokus juga pada level ranah industri, karena hasil penelitian kita ini adalah produk yang sangat kuat dampaknya bagi masyarakat”, Tambahnya.

Kepala Bagian Pengelola Informasi Publik Kementan, Komarudin, SE., M.Sc yang hadir sebagai pembicara sangat mengapresiasi kegiatan pertemuan yang diselenggarakan secara khusus oleh Balitbangtan guna mengoptimalkan Pengelolaan IP ini.

“Saya sangat mengapresasi kegiatan yang dihadiri oleh seluruh PPID dari UK/UPT Balitbangtan ini, dan dengan hadirnya Bapak/Ibu semuanya dalam pertemuan ini, sudah menggambarkan komitmen kita terhadap keterbukaan IP yang lebih baik kedepannya”, jelas Komarudin.

Sebelumnya Puslitbang Perkebunan juga telah melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang dihadiri secara langsung oleh Kapuslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D, beserta jajaran Kepala Bidang/Bagian, Ketua Kelompok Peneliti dan seluruh Anggota Pelaksana PPID Puslitbang Perkebunan pada hari selasa (9/6).

Penandatangan Komitmen bersama ini menjadi pernyataan Puslitbang Perkebunan untuk mendukung penuh pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Puslitbang Perkebunan, melalui penyediaan anggaran, sarana dan prasarana pendukung, Sumber Daya Manusia yang kompeten serta pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah dan transparan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *