IKM Pusitbangbun Meningkat pada Semester II tahun 2019

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama Unit Kerja (UK) mengadakan ekspose penyusunan laporan Survai Kepuasan Masyarakat (SKM) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, (Balittri) Parungkuda Sukabumi (26/11/19). Penyusunan SKM ini merupakan amanat dari Permentan RB nomor 14 tahun 2014 tentang penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang harus dilaksanakan. IKM memuat 9 (sembilan) unsur pelayanan, yakni: persyaratan pelayanan, prosedur layanan, waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan dan sarana prasarana.

Kegiatan ekspose penyusunan SKM lingkup Balitbangtan ini dibuka oleh Kasie Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balittri Dr. Ir. Samsudin, M.Si mewakili Plt. Sekretaris Balitbangtan yang didampingi oleh Kepala Tata Usaha Balittri Masurudin, SE.. Ekspose dihadiri oleh Kepala Bagian KSOH, Kepala Bidang KSPHP, Kepala Sub Bidang Pendayagunaan Hasil Penelitian Unit Kerja lingkup Balitbangtan serta Narasumber dari Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian, Ibu Mardianis.

Dalam sambutannya Samsudin menyampaikan pesan dari Plt. Sekretaris Balitbangtan, “kepada seluruh perserta untuk mengikuti aturan penyusunan SKM sesuai peraturan yang ada, mengevaluasi setiap bulannya untuk meningkatkan kualitas layanan”, ujarnya.

Dalam kegiatan ekspose ini masing-masing unit kerja menyampaikan laporan penyusunan SKM semester II 2019 yang langsung dinilai/diberikan masukan perbaikan oleh Narasumber. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) diwakili oleh Kasubbid Pendayagunaan Hasil Penelitian (PHP) Sudarsono, SE., menyampaikan hasil SKM Online semester II 2019. Jumlah responden meningkat dari 66 menjadi 215, dengan nilai 91,94. Mutu pelayanan Sangat Baik, meningkat dari nilai sebelumnya 87,75. Pusitbangbun mendapatkan apresiasi dari Narasumber karena menyampaikan informasi lengkap dari jumlah responden, grafik responden, gender, perbandingan SKM semester I dan semester II 2019 serta penyajian SKM Online yang juga diikuti oleh semua Balai lingkup Puslitbangbun.

Kegiatan ekspose penyusunan SKM ini diakhiri dengan mengunjungi Taman Sains Pertanian (TSP) yang didampingi oleh Dr. Samsudin sekaligus memandu para peserta memberikan penjelasan tentang lokasi perbenihan kopi, kakao, pengolahan B100. Kunjungan ke bioindustri pengolahan kakao, membuat daya tarik tersendiri dimana peserta dapat menikmati cokelat hasil olahan. Peserta juga dapat membeli produk-produk hasil olahan tersebut sebagai oleh-oleh untuk dibawah pulang. Momen akhir dimanfaatkan untuk foto bersama di beberapa spot menarik di lokasi TSP Balittri. (Sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *