Identifikasi kelapa Dalam di Kabupaten Kepulauan Aru

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Kepulauan Aru menurut penduduk kepulauan. Aru disebut juga tanah yang hilang karena pulaunya kecil dan lebih dekat ke Australia daripada ke Jakarta. Kepulauan Aru dengan suhu rata-rata berkisar diatas 31 derajat dengan kelembaban yang rendah sehingga udara terasa panas.

Tanaman kelapa juga banyak terdapat di kepulauan Aru dan terdapat juga aksesi kelapa yang berasal dari pulau Babi terkenal dengan nama kelapa Dobo, dimana kelapa di pulau tersebut sekarang sudah punah. Kelapa Dobo yang terdapat di kepulauan Aru yang oleh penduduk disini ditanam secara campuran dengan kelapa lokal.

Pada umumnya tanaman kelapa tidak dirawat dengan baik sehingga jarak tanamnya tidak teratur. Pada umumnya buah kelapa tidak pernah dipetik dan yang dipanen berdasarkan buah yang jatuh saja, itupun tidak selalu dilakukan apabila harga kopra rendah, sehingga banyak bibit kelapa yang dibiarkan tumbuh menjadi tanaman. Pada tanggal 3-7 telah dilaksanakan identifikasi kelapa Dalam Dobo yang berasal dari pulau babi oleh Dinas Pertanian provinsi Ambon.

Balit Palma yang diwakili oleh Dr. Budi Santosa dan staf bagian perkebunan Dinas pertanian Kepulauan Aru di Desa Durjela dan Dusun Belakang Wamar Desa Durjela.

Bersadarkan hasil evaluasi terhadap kelapa Dalam yang berasal dari Pulau. Babi potensi produksi kelapa di Kepulauan Aru diatas 2 ton kopra/ha/tahun. 🌴🌴🌴

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *