Hilirisasi Teknologi Inovasi Kelapa di Maluku Tengah

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Kegiatan Hilirisasi inovasi teknologi peremajaan bertahap, optimalisasi lahan dan pengolahan produk kelapa skala petani mandiri merupakan salah satu kegiatan diseminasi hasil penelitian Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) tahun 2021. Kegiatan diseminasi ini akan dilakukan pada lokasi sentra produksi tanaman kelapa yang ada di Indonesia yaitu Desa Sepa Kabupaten Maluku Tengah.

Sebagai tahap awal kegiatan ini dengan melakukan baseline survey pada desa sasaran untuk melihat kondisi pertanaman kelapa disana baik terkait kondisi tanaman, potensi, pemanfaatan, budidaya serta pengolahan produk akhir dari kelapa di Maluku Tengah.

Pelaksanaan kegiatan ini meliputi kegiatan BIMTEK yang akan dilaksanakan diawal dan dua kegiatan inti terkait peremajaan dengan sistem bertahap dan pengolahan produk kelapa skala petani mandiri.

Kegiatan ini dipelopori oleh Kepala Balit Palma, Dr. Ismail Maskromo sebagai penanggungjawab kegiatan diseminasi dan didampingi oleh 4 orang Tim peneliti ekofisiologi Balit Palma yaitu Engelbert Manaroinsong, MSi, Yulianus Matana MSi, Dr. Asthutiirundu, Dr. Patrik Pasang, dan satu orang peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku yaitu Dr. Rein Senewe.

Sebagai langkah awal kegiatan penelitian ini, kami melakukan koordinasi dan kunjungan ke BPTP Balitbangtan Sulsel untuk koordinasi dan diskusi terkait potensi dan pengelolaan kelapa di Maluku juga temasuk gambaran pemanfaatannya.

Bagaimana perjalanan Baseline survey dari para peneliti Balit Palma untuk sampai ke desa sasaran dari kota Ambon dengan jalur darat dan laut, serta pengolalaannya kelapa disana? simak beritanya pada link berikut :
Hilirisasi Teknologi Inovasi Kelapa akan diawali dengan Mata Rumah di Maluku Tengah

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *