Hama Rhynchoporus ferrugineus Oliver pada Tanaman

Berita Perkebunan

INFO PEKEBUNAN – Rhynchoporus ferrugineus (Coleoptera: Curculionidae) merupakan salah satu jenis hama yang merugikan tanaman kelapa. Hama berpengaruh terhadap produksi baik secara kuantitas maupun kualitas. Hama R. ferrugineus akhir-akhir
ini banyak menyerang pertanaman kelapa petani di Jawa Timur, Maluku dan Sulawesi. Selain tanaman kelapa, tanaman inang hama ini adalah tanaman kelapa sawit, kurma, sagu, aren dan tanaman palem lainnya (Malumpy dan Moran, 2012).

Pengendalian hama ini yaitu dengan cara sanitasi dengan membersihkan kebun dan memotong serta memusnahkan pohon kelapa yang sudah mati agar tidak menjadi sumber untuk perkembangbiakan hama ini. Pengendalian secara hayati dengan memanfaatkan musuh alami, baik predator, parasitoid, maupun patogen serangga. Pengendalian hayati relatif aman, ramah lingkungan dan berkelanjutan atau bersandar pada pemanfaatan sumberdaya alam. Selain itu pengendalian ini mudah diadopsi oleh petani, murah dan ramah lingkungan. Sistem pengendalian hama secara hayati oleh musuh alami merupakan suatu sistem yang biasa terjadi di alam. Kelompok musuh alami dari parasitoid, predator dan entomopatogen merupakan agens pengendalian hama yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Selengkapnya Download fulltext : Info Tekbun 11 (5) 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *