Ganoderma sp. Penyebab Penyakit pada Tanaman Sawit

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Hasil penelitian laboratorium menunjukkan bahwa pada pengujian awal pertumbuhan isolat G. boninense pada beberapa media tumbuh yang sudah dimodifikasi seperti pada media F1, F2, F3 dan PDA, ternyata media F1, pertambahan luas koloni mulai terlihat pada hari ketujuh. Pada media F2 dan F4, pertambahan luas koloni mulai terlihat setelah hari ke sepuluh sedangkan pada media F3 tidak terjadi pertambahan.

Diameter koloni pada awal penelitian adalah 0,7 cm. Selain itu juga dilakukan pengujian pada media M1 dan M2, ternyata kedua media ini dapat digunakan sebagai media tumbuh G. boninense. Pengujian selanjutnya dilakukan pada F1, F2, Nira kelapa Genjah Kuning Nias (nira GKN) dan media PDA. Cendawan ini bertumbuh baik pada media PDA dan nira GKN dibandingkan dengan media F1 dan F2.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiakan isolat murni dengan menggunakan beberapa modifikasi media spesifik untuk Ganoderma dapat menghambat pertumbuhan miselia cendawan tetapi belum dapat membentuk konidia.

Selengkapnya Download fulltext : Info Tekbun 11 (6) 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *