Desy Ratnasari dan Kepala Puslitbang Perkebunan

Gandeng Puslitbangbun, Desy Ratnasari Ingin Gelar Bimtek untuk Dukung Pengembangan Desa Eduwisata Kopi di Sukabumi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Selasa, 16 Juni 2021, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan mendapatkan kunjungan dari anggota DPR RI Komisi X, Desy Ratnasari dan tim. Rombongan ini disambut hangat oleh Kepala Puslitbang Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D; Koordinator PE dan KSPHP; serta Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si.

Desy bermaksud mengajak Puslitbang Perkebunan bekerja sama menggelar bimtek kopi untuk petani di Sukabumi. Ia ingin agar para petani bisa menyerap ilmu tentang budidaya dan usaha kopi sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

“Tentunya semua kan bisa berhasil karena adanya ilmu, karena itu kami bekerja sama dengan Balitbang (Pusltibang Perkebunan) untuk memberikan ilmu dan apa implementasi dari ilmu tersebut sehingga masyarakat bisa terbantu,” ungkapnya.

Syafaruddin menyambut baik inisiasi kerja sama bimtek ini. Ia menyarankan agar bimtek digelar di Balittri yang berlokasi di Sukabumi. Apalagi Balittri selama ini tidak hanya terkenal sebagai pusat penelitian tanaman industri seperti kopi dan kakao, tapi juga sebagai destinasi eduwisata.

“Masyarakat tidak hanya bisa belajar tentang budidaya dan proteksi tanaman kopi di Balittri, tapi juga pasca panen hingga pengembangan usahanya. Di sana fasilitasnya lengkap, ada unit pengolahan sampai kafe, sehingga bisa membantu mendorong mereka untuk memperbaiki ekonominya,” ujar Syafaruddin.

Bimtek yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang ini diharapkan dapat memberikan pengayaan ilmu bagi para penggiat kopi di wilayah Sukabumi dan sekitarnya, baik para petani kopi maupun bagi para kaum millenial yang menjadi penggiat kopi di bagian hilirnya seperti warung kopi atau cafe-cafe moderen yang akhir-akhir ini makin marak berkembang di masyarakat. (Nurul & Herwindo/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *