Kapuslitbang Perkebunan Siap Jalin Kerja Sama dengan UNSRI dalam Pengembangan Potensi Mahasiswa

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Anif Saggaf, MSCE, IPU, mengajak Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D untuk berkolaborasi mengembangkan potensi mahasiswa UNSRI dalam rangka menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hal tersebut disampaikan beliau pada kegiatan “Gebyar Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya secara daring, pada selasa (29/06).

Anif menyampaikan bahwa program MBKM mewajibkan 25 persen mata kuliah di perguruan tinggi dilaksanakan di luar kampus. Hal tersebut membutuhkan kerja sama dengan pihak eksternal kampus untuk penyediaan tempat pembelajaran seperti Praktek Kerja Lapang (PKL) bagi mahasiswa. Maka itu salah satu lembaga/instansi yang dinilai dapat memberikan kontribusi besar dalam program ini yaitu lembaga penelitian seperti Puslitbang Perkebunan.

“Saat ini kami melihat Lembaga penelitian seperti Puslitbang Perkebunan memiliki fasilitas yang dapat menunjang mahasiswa kami dalam mengembangkan potensinya, kami berharap kita dapat saling bekerja sama khususnya menyukseskan program MBKM ini” Ujar Rektor.

“Adapun bentuk kerja sama yang dapat dijalin selain kegiatan PKL, yaitu seperti para peneliti dan professor dari litbang mungkin dapat kami ajak mengajar di tempat kami begitu juga para professor kami dapat diajak berkontribusi di lembaga pemerintahan seperti litbang tersebut”, tambahnya.

Kapuslitbang Perkebunan yang hadir sebagai narasumber menyambut baik tawaran kerja sama dari Rektor UNSRI tersebut. Selain menjelaskan tentang peluang kegiatan magang dan penelitian bagi mahasiswa UNSRI di Puslitbang Perkebunan, Kapus juga menjelaskan bahwa saat ini Puslitbang Perkebunan telah berhasil menjalin beberapa kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

“Terhitung dari tahun 2020 hingga saat ini, Puslitbang Perkebunan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 15 perguruan tinggi di Indonesia. Tentunya kami juga sangat mengapresiasi bila Universitas Sriwijaya ingin bekerja sama dengan kami dalam hal pengembangan mahasiswa dan lainnya” terang Kapus.

Adapun beberapa bentuk dukungan Puslitbang Perkebunan terhadap program MBKM yang disampaikan oleh Kapuslitbang Perkebunan antara lain; 1) Kerja sama bidang penelitian, 2) Diseminasi teknologi, 3) Bimbingan teknis, 4) Transformasi teknologi, 5) Magang/PKL, 6) Mendukung proses belajar mengajar dan 7) Bimbingan tesis dan disertasi.

“Kami berharap kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dan Universitas Sriwijaya tersebut dapat segera terlaksana di tahun ini” tutup Kapus. (Anjas/tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *