Dukung MBKM, Kapus Paparkan Peluang Magang dan Penelitian di Puslitbangbun untuk Mahasiswa UNSRI

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Indonesia

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan bagian dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Program tersebut diharapkan dapat terimplementasikan dengan baik di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Selasa (29/06), Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D hadir sebagai narasumber dalam kegiatan “Gebyar Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya secara daring.

Dihadapan para peserta yang terdiri dari Rektor UNSRI, Dekan dan Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian UNSRI, Dosen, Alumni dan ratusan mahasiswa, Syafaruddin memaparkan tentang peluang kegiatan magang serta penelitian bagi mahasiswa UNSRI di Puslitbang Perkebunan maupun Unit Pelakasana Teknis (UPT) lingkupnya.

“Sepanjang tahun 2019 hingga 2021 Puslitbang Perkebunan telah menerima lebih dari 200 orang mahasiswa dari 55  Perguruan Tinggi di Indonesia dalam rangka kegiatan magang maupun penelitian, tentunya kegiatan tersebut didukung dengan fasilitas yang kami miliki saat ini”, Ujar Kapus.

Saat ini Puslitbang Perkebunan memiliki beberapa sarana/prasarana yang terdapat di masing-masing UPT-nya untuk mendukung kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa, seperti laboratorium penelitian terakreditasi, laboratorium lapang bionergi, tempat pengolahan/pasca panen hasil perkebunan, kebun percobaan dan perbenihan hingga dormitory bagi mahasiswa yang berdomisili di luar daerah.

“Kami selalu terbuka bagi seluruh perguruan tinggi yang ingin menempatkan mahasiswannya untuk melaksanakan kegiatan PKL/Penelitian di tempat kami. Silahkan langsung bersurat ke kantor kami, dan para peneliti kami pastinya selalu siap memberikan bimbingan kepada adik-adik mahasiswa yang magang di sini” Jelas Syafaruddin.

Rektor UNSRI, Prof. Dr. Anif Saggaf, MSCE, IPU menjelaskan bahwa tujuan diadakan kegiatan Gebyar Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah dalam rangka mendorong dan memotivasi para mahasiswa khususnya Fakultas Pertanian UNSRI menjadi lebih inovatif, tangguh dan kreatif dalam membangun bangsa.

“Dengan mendapat paparan dari para narasumber hari ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh gambaran, pengalaman serta kesempatan untuk belajar di luar program studi yang tengah dijalani saat ini sesuai dengan tujuan dari program MBKM tersebut”, Ujar Anif.

Lebih lanjut Anif menjelaskan bahwa Kapuslitbang Perkebunan dan para narasumber yang hadir pada acara ini, yaitu Dr. Ir. Ahmad Irfan (Dirut BJB 2014-2018) serta Putu Sukarmen, S.P., M.Sc (Direktur PT. Buma Cima Nusantara), merupakan alumni dari Fakultas Pertanian UNSRI yang dapat menginspirasi para mahasiswa.

“yang membanggakan bagi kita hari ini adalah bahwa para narasumber ini merupakan para alumni dari Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya, tentunya harapan kami ialah agar hal ini bisa menginspirasi para mahasiswa untuk menjadi orang-orang sukses seperti beliau” tutupnya. (Anjas/tim web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *