Dua Balit lingkup Puslitbangbun Tandatangani MoU dan Sinergi Kerjasama PUI dengan Balitjestro

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Balitbangtan Kementan menghadiri penandatangan dua MoU antara Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dengan Balai Penelitian Tanaman Jeruk Sub Tropika (Balitjestro) tentang “Pemanfaatan ekstrak tanaman atsiri untuk aroma terapi” dan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam rangka sinergi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kelapa, Balit Palma dengan PUI Jeruk, Balitjestro. Penandatangan MoU kerjasama ini merupakan bagian dari rangkain kegiatan Specta Horti 2018 di Lembang, Bandung (20-23 September 2018).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balittro Dr. Wiratno, Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo dan Kepala Balitjestro Dr. Taufik Ratulae, disaksikan oleh Kepala Pusat Tanaman Hortikultura Dr. Hardianto dan Sekretaris Badan Litbang, Kementerian Pertanian Dr. Prama Yufdi.

Pada momen penandatanganan perjanjian kerjasama antar lembaga riset Litbang dengan lembaga lain dan Pemda berbagai daerah. Sekretaris Balitbangtan menyampaikan arahan agar segera menindaklanjuti kerjasama yang telah disepakati dan dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani pada hari tersebut.

Sinergi kerjasama merupakan bagian dari program Pusat Unggulan Iptek antar lembaga unggul yang ditetapkan oleh Kementerian Ristek Dikti. Balit Palma ditetapkan sebagai PUI kelapa pada tahum 2016, sedangkan Balitjestro ditetapkan pada tahin 2017.

Perjanjian kerjasama yang ditandatangani memiliki ruang lingkup pengembangan kelapa eksotik melalui somatik embriogenesis dan budidaya jeruk di antara tanaman kelapa. Dengan kerjasama ini diharapkan akan terjadi transfer teknologi dan peningkatan kapasitas sumber daya pada kedua lembaga riset ini.  (Erri K. & Bursatriannyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *