DPRD Prov. Bengkulu Jajaki Kerja Sama Tingkatkan Pendapatan Petani

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan menerima kunjungan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu pada Kamis, (7/4). Delegasi tersebut diterima oleh Dr. Tedy Dirhamsyah, selaku Koordinator KSPHP mewakili Kepala Pusat, bersama Kepala Balai lingkup Puslitbang Perkebunan, Kepala Bagian Tata Usaha, Peneliti, dan jajaran staf. Pertemuan dilangsungkan di Gedung Display Puslitbangbun secara luring dan daring.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Yevri Sudianto, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya para wakil rakyat untuk menjawab aspirasi masyarakat Bengkulu yang ingin lebih sejahtera, yakni dengan mengoptimalkan pendapatan dari sub-sektor perkebunan, khususnya komoditas kelapa sawit, kopi, aren, dan lada.

Dalam sesi diskusi, anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu mengungkapkan bahwa selama ini pengelolaan perkebunan di sana masih belum optimal. Petani mengolah lahannya hanya berdasarkan pengalaman dan belum tersentuh inovasi. Benih unggul bersertifikat dengan produktivitas tinggi juga masih sulit didapat.

Mereka berharap kunjungan ini dapat membuka peluang kerja sama dalam pendampingan mulai budidaya sampai pemasaran, penyediaan benih unggul, penyediaan informasi inovasi teknologi, dll. Pemanfaatan inovasi dan teknologi diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan produksi perkebunan petani di Bengkulu, meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan mereka.

Puslitbang Perkebunan sangat terbuka dan siap mendukung keinginan tersebut. Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan untuk membahas lebih detail mengenai ruang lingkup, teknis dan mekanisme kerja sama, serta penyusunan naskah perjanjian kerja sama (PKS).

Puslitbang Perkebunan juga siap memberikan bimbingan teknis baik online maupun offline. Adapun permohonan bantuan benih dapat diajukan dengan bersurat secara resmi ke Puslitbang Perkebunan.

Pada kesempatan yang sama, Peneliti Puslitbang Perkebunan memperkenalkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan potensi pendapatan petani, salah satunya dengan integrasi ternak sapi dan kelapa sawit.

Harapannya, kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dan Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu dapat terwujud untuk memajukan sub-sektor perkebunan di sana. (Herwindo-Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *