Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Puslitbang Perkebunan Gelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Salah satu tugas dan fungsi utama ASN adalah memberikan pelayanan yang profesional dan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Demi meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dimilikinya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan pun menggelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dan Sistem Reward-Punishment, Kamis 1 Juli 2021.

Bertempat di Gedung Display, acara ini dihadiri secara offline oleh Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D; Kepala Bagian Urusan Umum Ir. Yusniarti; Koordinator KSPHP Dr. Tedy Dirhamsyah, S.P., M.A.B; serta para Sub Koordinator dan sebagian pegawai. Adapun para Kepala Balai dan pegawai lingkup Puslitbang Perkebunan lainnya turut hadir secara virtual melalui Zoom.

Sosialisasi dibuka dengan sambutan dan arahan dari Kapuslitbangbun. Beliau mengungkapkan harapannya agar para pegawai bisa mempertahankan prestasi Puslitbang Perkebunan sebagai Unit Kerja teresponsif di tingkat Kementan pada tahun 2020 dan terus melayani masyarakat dengan baik.

Kapuslitbangbun mengikuti Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima

“Tahun 2020 Puslitbang Perkebunan mendapatkan predikat UK teresponsif di tingkat Kementan. Terkadang lebih susah mempertahankan pencapaian dibanding meraihnya. Inilah yang harus diperjuangkan. Mudah-mudahan bisa memicu teman-teman semua untuk melayani masyarakat dan stakeholder secara prima, terbaik, cepat, dan tidak bertele-tele.”

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Koordinator KSPHP tentang Kegiatan Pelayanan Publik yang telah dilaksanakan Puslitbang Perkebunan selama 2020-2021. Dalam kurun waktu tersebut, ada banyak jenis layanan yang telah diberikan kepada masyarakat, seperti layanan perpustakaan, informasi UPBS, serta diseminasi teknologi dan inovasi perkebunan. Meski Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19, Puslitbang Perkebunan terus berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P. Nugroho, S.Sos, M.A.P. memberikan materi tentang Budaya Pelayanan Prima dan Sistem Reward Punishment. Menurut beliau, sistem semacam ini penting untuk mendorong peningkatan kinerja petugas pelayanan publik. Tanpa sistem tersebut, mungkin saja pegawai yang sudah berprestasi justru menurun kinerjanya karena merasa kurang dihargai.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang berlangsung hangat. Dengan adanya sosialisasi ini, kualitas pelayanan publik Puslitbang Perkebunan diharapkan bisa semakin meningkat ke depannya. (Nurul/Tim Web)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *