Curah Hujan dan Hari Hujan di IP2TP Sukamulya serta Dampaknya terhadap Analisis Perubahan Iklim

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Instalasi Penelitian dan Penelitian Teknologi Pertanian (IP2TP) Sukamulya secara geografis terletak di Desa Kebon Jeruk, Desa Sukamulya, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Luas tanahnya 48,56 hektar dan terletak di ketinggian 350 meter (m dpl) Jenis tanah Latosol coklat kemerahan, dataran datar sampai landai dengan tipe iklim B 2 menurut Schmidt-Ferguson dan tipe iklim A menurut Oldeman.

Keberadaan IP2TP Sukamulya yang menjadi milik pemerintah sangat membantu untuk memberikan informasi tentang inovasi baru pertanian dalam berbagai aspek, terutama rempah-rempah, obat-obatan dan minyak atsiri.

Menurut Wawan Lukman dkk dalam artikelnya mengatakan bahwa di IP2TP Sukamulya diperlukan analisis data curah hujan dan hujan untuk mendukung dan meningkatkan fungsinya sebagai tempat penelitian, pelestarian dan produksi plasma nutfah, khususnya rempah-rempah, obat-obatan dan tanaman volatil dataran rendah. Disamping itu juga untuk mendukung perencanaan alam dan pengembangan pertanian.

Selain itu, terungkap pula bahwa zona iklim IP2TTP Sukamulya berdasarkan tipe iklim Schmidt-Ferguson dan Oldeman dipetakan ulang dengan menganalisis data curah hujan dan hari hujan selama 20 tahun dari tahun 2000 hingga 2019. Data harian dan bulanan dicatat untuk mendapatkan data curah hujan dan hari hujan tahunan, dan dijumlahkan sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan.

Hasil indeks Q terlihat bahwa nilai rata-rata berdasarkan analisis Schmidt Ferguson terhadap data curah hujan di IP2TP Sukamulya termasuk zona iklim B dari tahun 2000 hingga 2019 (20 tahun) adalah 28,1 sedangkan rata-rata berdasarkan Oldeman adalah iklim C2. Musim hujan rata-rata 6,05 bulan dan bulan kemarau 3,45 bulan.

Tanaman lada dan vanili termasuk dalam kategori yang Sesuai, sedangkan tanaman pala termasuk dalam kategori Amat Sesuai untuk ditanam di IP2TP ini. (Bur/Tim Web)

Sumber : Warta Puslitbang Perkebunan Vol. 26 No. 2, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *