Buku: Berkontribusi Dalam Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan

Berita Perkebunan Prosiding

BERITA PERKEBUNAN – World Commission on Environment and Development pada tahun 1987 menetapkan definisi bahwa pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang.Sutamihardja pada tahun 2004 menyebutkan lebih rinci bahwa pembangunan berkelanjutan meliputi pemerataan, pengamanan kelestarian, pengelolaan sumber daya alam, kesejahteraan masyarakat, dan pertahanan kualitas kehidupan manusia masa kini hingga masa yang akan datang. Upaya Pembangunan Berkelanjutan telah dijadikan aksi nyata secara global dalam bentuk Millenium Development Goals (MDGs), dan dilanjutkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dengan target pencapaian hingga 2030.

Bagaimana implementasiPembangunan Nasional Berkelanjutan di Sektor Pertanian, dan lebih spesifiknya di sub sektor perkebunan, terutama di tengah pandemi covid 19 yang melanda dunia? Badan Pusat Statistik mengumumkan bahwa ditengah melemahnya perekonomian di masa pandemi covid 19, kontribusi sektor pertanian terhadap PDB justru melesat tinggi pada kuartal 2 tahun 2020 mencapai 16,24% dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun 2019 dengan kontribusi sebesar 13, 57%. Di antara lima besar penyumbang ekonomi terbesar yaitu industri, perdagangan, konstruksi, pertambangan dan pertanian, hanya sektor pertanian yang masih mencatat pertumbuhan positif. Selain subsektor tanaman pangan mengalami pertumbuhan yang tinggi yakni mencapai 9,23%, hal ini juga didukung pertumbuhan positif dari peningkatan produksi sub sektor perkebunan terutama komoditas sawit, kopi, dan tebu. Hal ini menunjukkan sangat pentingnya sektor pertanian dalam menjaga ketahanan ekonomi nasional. Keberhasilan mengimplementasikan pembangunan pertanian berkelanjutan secara nasional khususnya di sub sektor
2 BERKONTRIBUSI DALAM PEMBANGUNAN PERKEBUNAN BERKELANJUTAN
perkebunan akan memberikan kontribusi nyata bagi kejayaan NKRI di berbagai bidang.

Buku yang memilih tema Berkontribusi Dalam Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan ini menyampaikan beberapa artikel yang membahas harapan dalam peningkatan pendapatan petani pekebun menuju sejahtera, dukungan invensi dan inovasi teknologi pada beberapa komoditas perkebunan terhadap peningkatan produktivitas serta nilai tambah dan daya saing komoditas perkebunan dalam sistem usaha yang terintegrasi, serta pengelolaan usaha taninya dalam menghadapi tantangan permasalahan termasuk dampak positif dari keberhasilan adopsi teknologi. Diharapkan buku ini dapat memberikan harapan berupa langkah tindak lanjut baik kebijakan maupun teknis implementasinya memanfaatkan sebagai kesempatan yang tak ternilai dalam dinamika pembangunan pertanian, khususnya perkebunan.

Download fulltext : Buku: Berkontribusi Dalam Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *