Biro Humas Kementan Selenggarakan Bimtek PPID Via Online Untuk Maksimalkan Pelayanan Masyarakat

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik (HIP) Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Informasi Publik secara online bagi seluruh Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) lingkup Kementan yang diselenggarakan secara online melalui video conference pada rabu (29/4).

Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Komarudin Salamun yang membuka kegiatan tersebut menjelaskan, seluruh Unit Kerja (UK) Kementerian Pertanian dihimbau untuk menderaskan informasi positif kepada masyarakat, khususnya terkait dengan kegiatan Kementerian Pertanian yang terus berupaya menjaga stok pangan agar tetap aman ditengah wabah Covid-19 saat ini.

“Kami menghimbau kepada seluruh Unit Kerja lingkup Kementan untuk membantu menderaskan informasi positif agar masyarakat tetap tenang berada dirumah terhadap stok pangan yang tersedia, karena saat ini Kementerian Pertanian terus berupaya menjaga stok pangan tersebut dengan cara memantau ketersediaan pangan dan petani yang tetap bekerja ditengah pandemi Covid-19 ini”, ujar Komarudin.

“Kementan juga terus berupaya membantu para petani agar dapat bekerja maksimal dengan memperhatikan SOP pencegahan dan penanggulangan Covid-19 ini’’, tambahnya.

Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber dari PPID Sekretariat Jenderal Kementan ialah terkait tata cara merespon permohonan informasi publik, melengkapi data dan informasi yang bersifat terbuka dan penyusunan daftar informasi publik di portal PPID Kementerian Pertanian.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang diwakili oleh Kasubid Pendayagunaan Hasil Penelitian dan Pranata humasnya juga ikut serta dalam kegiatan bimtek tersebut. Bersama dengan UK/UPT lainnya, PPID Puslitbangbun mendapatkan materi penting terkait bagaimana mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan prosedur yang berlaku, dengan memperhatikan kelengkapan data pemohon, ketersedian informasi dan memaksimalkan, mempercepat waktu pelayanan bagi masyarakat.

Harapannya dengan diselenggarakan kegiatan ini, pelayanan informasi bagi masyarakat tetap terus berjalan dengan baik meskipun saat ini Indonesia tengah berada dalam masa yang berat untuk menghadapi wabah Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *