Bimtek Tahap Karya II Puslitbangbun

Bimtek Padat Karya Puslitbangbun II, Ajak Masyarakat Manfaatkan Limbah Rumah Tangga untuk Bercocok Tanam

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Bercocok tanam tidaklah mahal. Limbah daur ulang rumah tangga seperti ban, kantung plastik, dan karung bekas pun dapat dimanfaatkan untuk bertani di lingkungan rumah. Hal ini ditekankan Koordinator Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP), Dr. Tedy Dirhamsyah, S.P., M.A.B, dalam Bimtek Padat Karya yang digelar Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Rabu, 10 Maret 2021.

“Di depan rumah bisa tanam jahe, kunyit, dan berbagai jenis tanaman lainnya. Umur enam sampai sembilan bulan, tergantung kita mau panen agak muda atau tua, itu bisa,” ujarnya di hadapan sekitar 90 peserta bimtek bertema “Pemanfaatan Pekarangan dengan Tanaman Temu-Temuan atau Tanaman Obat Keluarga (TOGA)” ini.

Bimtek Tahap Karya II Puslitbangbun

Peserta disarankan untuk menanam temu-temuan atau TOGA. Pasalnya, tidak hanya bisa dijadikan bumbu masak, TOGA juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu meredakan berbagai macam gejala penyakit. Hal ini tentu sangat bermanfaat pada saat ini, mengingat pandemi Covid-19 diprediksi masih lama beranjak dari Indonesia.

Puslitbangbun terbuka untuk masyarakat untuk berkonsultasi lebih lanjut jika menemui kesulitan dalam bercocok tanam. Begitu pun jika masyarakat ingin mengetahui tentang seluk-beluk perkebunan dari hulu hingga hilir pengembangan tanaman perkebunan.

Bimtek Padat Karya ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di berbagai penjuru Indonesia oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) termasuk Puslitbang Perkebunan sebagai salah satu unit kerjanya. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat agar mampu menghadapi masa pandemi dengan tetap produktif, kaitannya dalam meningkatkan pendapatan melalui aktivitas pertanian terutama tanaman obat dan keluarga. (Nurul & Herwindo/Tim Web).

Bimtek Tahap Karya II Puslitbangbun

Berita Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *