Bimtek Kopi Bertajuk “Hulu hilir Komoditas Kopi”

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) lingkup Puslitbang Perkebunan yang menghasilkan teknologi dalam tanaman perkebunan komoditas kopi, diseminasi merupakan salah satu tugas utama yang tidak dapat dilepaskan dari peran Balittri. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, Balittri kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kopi.

Kegiatan BIMTEK yang bertajuk “Hulu hilir Komoditas Kopi” ini dilaksanakan secara online menggunakan fasilitas zoom meeting dan youtube untuk mengurangi penyebaran virus dalam masa pandemik ini. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian acara yang dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan topik yang berbeda. Selasa, 16 Juni 2020 merupakan kegiatan BIMTEK yang pertama dengan topik pengenalan varietas kopi dan budidaya kopi dengan menghadirkan 2 narasumber peneliti Balittri yaitu Dr. Budi Martono dan Ir. Handi Supriadi. Kedua narasumber ini merupakan peneliti yang telah berpengalaman dalam melepas varietas kopi dan melakukan penelitian dalam bidang budidaya kopi.

Acara yang dibuka oleh Kepala Balai Dr. Tri Joko Santoso ini berlangsung selama 3 jam yang efektif. Diawali dengan pemaparan dari narasumber kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Setidaknya sebanyak 232 peserta yang mengikuti kegiatan ini menyatakan puas dalam BIMTEK online pertama Balittri ini. Kegiatan diskusi berlangsung hangat dengan menjawab peranyaan pertanyaan dari peserta yang disampaikan pada aplikasi zoom meeting dan yotube. Balittri bersyukur kegiatan hari ini dapat berjalan dengan lancar, masih ada 2 kali BIMTEK lagi yang akan diselenggarakan menurut jadwal yaitu tanggal 23 Juni 2020 dengan topik Hama dan Penyakit Kopi serta teknik pengendaliannya dan tanggal 30 Juni 2020 dengan topik Pascapanen Kopi.

Kegiatan yang dikomando langsung oleh Dr. Nur Kholilatul Izzah selaku Kasieyantek Jaslit Balittri ini mencatat setidaknya sebanyak 2000 peserta telah mendaftar untuk mengikuti BIMTEK online ini. Namun beberapa kendala teknis yang dihadapi membuat beberapa peserta tidak dapat mengkuti secara online. Namun tetap dapat mengakses kegiatannya secara offline melalui channel youtube dan facebook. Balittri berharap seluruh peserta yang telah mendaftar dapat mengikuti kegiatan pada kegiatan hari kedua minggu depan. Sehingga dapat memuaskan rasa ingin tahu dan minat yang besar dari peserta yang berasal dari berbagai kalangan ini. Tetap berkarya dan tetap berdampak bagi perkembangan komoditas kopi di Indonesia merupakan prioritas Balittri yang harus diupayakan terwujud demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *