Bimbingan Teknis Budidaya Kakao dan Kopi untuk Pengembangan Komoditi Perkebunan di Kalbar

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Landak Kalimantan Barat bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menyelenggarakan bimbingan teknis budidaya kakao dan kopi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta dari kelompok tani kopi, kakao, dan karet Desa Mandor. Kegiatan dilaksanakan di Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat pada tanggal 1 – 2 September 2015.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan bimbingan teknis ini adalah teknologi budidaya kopi dan kakao serta praktek penanaman kopi di lahan petani. Materi disampaikan oleh Ir. Handi Supriadi, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI).

Kabupaten Landak merupakan tempat perkebunan karet dan kelapa sawit yang luas. Secara bertahap perkebunan  dilakukan perluasan wilayah. Selain karet juga dikembangkan tanaman yang memiliki komoditi unggulan, yakni tanaman kopi dan kakao. Budidaya kopi dan kakao juga bisa dilakukan dengan pola tanam diantara tanaman karet. Lahan yang direncanakan untuk pengembangan komoditas ini kurang lebih 50 – 200 Ha. Banyak lahan bekas tambang emas yang bisa digunakan untuk perkebunan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *