Bidang KSPHP Puslitbangbun Berkomitmen Pacu Kinerja

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Pembangunan pertanian ke depan dihadapkan pada dimensi persaingan yang sangat kuat terutama dalam meningkatkan diseminasi inovasi teknologi komoditas perkebunan. Untuk itu diperlukan strategi dalam meluaskan jangkauan inovasi teknologi ke seluruh pengguna dengan masif. Kinerja Bidang Kerja Sama serta Pendayagunaan Hasil Penelitian memiliki peran besar untuk mendorong pertanian maju, mandiri dan modern.

Mengawali tugas barunya sebagai pelaksana tugas sementara Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP), Kepala Bidang Program dan Evaluasi (PE) Dr. Rustan Massinai, S.TP, M.Sc, sesuai surat tugas dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan terhitung 22 januari 2020 mendapat kepercayaan menjadi pimpinan untuk menggantikan Kepala Bidang KSPHP sebelumnya Ir. Jelfina C Alouw, M.Sc, Ph.D dan saat ini menjabat sebagai Direktur Executive International Coconut Community (ICC) yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan Bidang KSPHP.

Pada rapat koordinasi Bidang KSPHP di kantor puslitbangbun (31/1), Rustan memberikan arahan secara tegas kepada Kepala Sub Bidang dan seluruh staf KSPHP untuk berkomitmen menjalankan tugasnya masing-masing sesuai tusi dan tetap saling menjaga soliditas sesama rekan kerja.

“Mengawali koordinasi ini saya berharap agar masing-masing dari kita memiliki komitmen dalam menjalankan tugas. Bidang KSPHP menjadi satu kesatuan tim tidak terpisahkan dengan bidang-bidang lainnya, maka itu kita perlu saling kerja sama untuk mencapai target yang telah ditetapkan.” Ujar Rustan.

Usai menerima arahan, Kepala Sub Bidang Kerjasama Dr. Saefudin menyampaikan capaian kegiatan TA. 2019 dan rencana kegiatan TA, 2020. Dalam laporannya ia menjelaskan bahwa target kerja sama telah tercapai sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh Balitbangtan 2015-2019. Capaian kerja sama telah melampaui target untuk Lingkup Puslitbang Perkebunan, yaitu 167 IKU dari target 150. Untuk mengukur capaian perjanjian kerja sama tersebut, akan dilakukan evaluasi terhadap seluruh mitra kerja sama di TA 2020, selanjutnya ditindaklanjuti dalam kegiatan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dengan Balai Penelitian terkait, imbuh Saefudin.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sub Bidang PHP, Sudarsono SE, juga melaporkan evaluasi hasil kegiatan Sub Bidang PHP selama TA. 2019. Poin utama yang disampaikan terkait progres publikasi Puslitbangbun, Diseminasi, Database Perkebunan, kegiatan Kehumasan serta layanan Website dan Perpustakaan. Selama TA 2019 Sub Bidang PHP telah melaksanakan lebih dari 140 kegiatan diseminasi hasil penelitian, diantaranya ialah kegiatan pameran produk invensi balai lingkup Puslitbangbun yang rutin dilaksanakan sepanjang tahun 2019.

Dari laporan tersebut, Rustan berharap agar kerja sama dapat terus dilakukan selama lima tahun ke depan dengan berbagai stakeholder. Pada kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XVI tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat pada bulan Juni, diharapkan ada kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama terutama dengan Pemda, Perguruan Tinggi dan Swasta.

Selain itu beliau juga berharap Sub Bidang PHP Puslitbangbun dapat terus memaksimalkan kegiatan diseminasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh balai lingkupnya secara intens, melalui media sosial khususnya website Puslitbang Perkebunan. Terkait kegiatan Kehumasan atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Beliau mengamanatkan agar dilakukan rapat koordinasi PPID lingkup Puslitbangbun guna mengoptimalkan pelayanan publik Puslitbangbun kepada masyarakat.

Lebih jauh pada layanan Perpustakaan, beliau menghimbau agar dilaksanakan kegiatan yang mampu mengajak masyarakat luar untuk mengunjungi koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Puslitbangbun.

“Mari kita sama-sama saling berkoordinasi dan melakukan percepatan dalam menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan. Jika sebelumnya kecepatan kita 80km/jam, saat ini saya minta dinaikkan menjadi 120km/jam.” Tutup Rustan diakhir rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *