Balittri Rancang Penelitian Kopi Bisang Probiotik

Artikel Kopi Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kopi Bisang yang belakangan muncul berpotensi menjadi calon primadona baru bagi para penikmat kopi. Produk kopi yang berasal dari biji kopi yang dimuntahkan hewan bisang ini diyakini memiliki aroma dan citarasa yang nikmat. Bupati Luwu, Ir. H. Andi Mudzakkar, MH, menegaskan bahwa kopi bisang telah diuji mutu citarasanya oleh para ahli dan terbukti mendapatkan skor yang tinggi.  

Informasi ini menggugah peneliti Balittri untuk merancang riset perakitan teknologi kopi bisang probiotik dengan meniru proses digesti yang terjadi secara alami pada hewan Bisang, sehingga kopi bisang dapat diproduksi secara massal oleh petani dan industri dengan bantuan starter.

Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D, menjelaskan dalam pertemuan ilmiah evaluasi penelitian di Puslitbang Pekebunan, Bogor (10-11 /12-2017), bahwa saliva hewan bisang mengandung banyak enzim dengan aktivitasnya yang mampu menghidolisis komponen dalam biji kopi. Berdasakan hasil uji, enzim dan aktivitasnya yang telah terdeteksi di antaranya enzim Manannase (18,89 U/ml), Xylanase (13,96 U/ml), dan CMC-ase (2,3 U/ml). Selain itu dimungkinkan adanya agen mikrobiogis dan jenis enzim lainnya yang saat ini sedang dikaji bersama tim peneliti.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *