Balittri Berhasil Release Perdana Kopi Arabika Gayo 3

Artikel Kopi Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Perbenihan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan-Kementerian Pertanian di Bogor 12-14 April 2022, menyatakan bahwa Kopi Arabika Gayo 3 yang diusulkan oleh Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) lulus untuk dilepas.

Balittri sebagai unit pelaksana teknis (UPT) Puslitbang Perkebunan, Balitbangtan, Kementan, mengusulkan Kopi Arabika sebagai usulan perdana yang diajukan untuk dilepas. Varietas Kopi Arabika Lokal Gayo Aceh (Gayo 3) merupakan nama varietas yang diusulkan yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh.

Kepala Balittri Dr. Tri Joko Santoso, S.P., bersama tim peneliti hadir mengikuti sidang pelepasan secara offline dan online. Presentasi dilakukan oleh peneliti pemulia senior Balittri Ir. Enny Randriani. Dalam paparannya Enny menyampaikan tahapan mulai dari observasi hingga memperoleh keunggulan kopi Arabika Gayo 3. Keunggulan kopi ini meliputi produksi tinggi, citarasa yang baik dan tersebar luas di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pengamatan potensi daya hasil biji kering selama 3 tahun produksi (2019-2021) diperoleh rata-rata 1,72 ton/ha pada populasi 2.000 tanaman per ha, tergolong tahan PBKo, citarasa tergolong kategori Very Good Specialty, dan secara molekuler diperoleh semua kultivar yang diuji berbeda secara genetik.

Penghargaan ini sebagai bukti nyata Balittri di masa pandemik berperan dalam mewujudkan perkebunan modern berbasis sumber daya lokal.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *