Balittri Berhasil Melepas Varietas Kopi Robusta Klon Kobura 1, Kobura 2 dan Kobura 3

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Masa pandemik COVID 19 tentunya tidak menyurutkan Semangat Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam berkarya sebagai institusi yang fokus didunia riset. Pada tanggal 28 April 2021, Balittri ikut serta dalam sidang pelepasan varietas Semester I yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan. Pada sidang pelepasan yang bertempat di The Sahira Hotel-Bogor, terdapat empat (4) usulan yang disidangkan. Salah satu pengusul adalah Balittri bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Sumatera Selatan yaitu varietas Kobura (Kopi Robusta Ranau) 1, Kobura 2 dan Kobura 3.

Kerja sama perakitan varietas ini sudah dimulai dari tahun 2017 yang digawangi oleh para peneliti pemulia Balittri diantaranya Ilham Wicaksono, SP, MP., Ir. Enny Randriani, Dr. Meynarti SDI, Dani, MSc, dkk. Perjalanan ketiga varietas kopi robusta hingga lolos disidang pelepasan varietas tentunya melalui perjalanan yang cukup panjang, dimulai dari proses survey hingga pemilihan pohon induk terpilih. Berdasarkan pengujian secara molekuler ketiga VUB Kobura 1, Kobura 2, dan Kobura 3 memiliki penciri morfologi yang spesifik.

Keunggulan ketiga VUB diantaranya memiliki karakteristik citarasa yang sangat baik yaitu kategori fine Robusta dan produktivitas yang tinggi yaitu 2,09-2,76; 1,32-1.83; dan 1,54-1,90 ton/ha biji kering untuk masing-masing untuk Kobura 1, Kobura 2 dan Kobura 3. Produktivitasnya yang tinggi, berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber benih unggul bermutu untuk mendukung program peremajaan dan rehabilitasi tanaman kopi di daerah OKU Selatan atau daerah-daerah lainnya yang memiliki kondisi serupa.

Kobura yang dilepas kemasyarakat merupakan salah satu wujud eksistensi Balittri sebagai intstitusi yang fokus dalam menghasilkan teknologi dan inovasi. Harapannya ketiga klon kopi Robusta lokal OKU Selatan tersebut dapat menjadi salah satu bukti nyata pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petanibaik di Sumatera Selatan ataupun berkembangnya ke seluruh daerah yang adaptif terhadap Robusta.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *