Balittas Inisiasi Kerjasama Komoditas Tanaman Kenaf dengan KVGSB Malaysia

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Kepala Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Dr. Andy Wijanarko SP., M.Si didampingi oleh Penanggung Jawab Program Tanaman Serat, Prof. Ir. Nurindah Ph.D. beserta tim peneliti tanaman serat, melaksanakan diskusi inisiasi Kerjasama Balittas, Balitbangtan, Kementan dengan Kenaf Venture Global Sdn Bhd (KVGSB) yang diwakili oleh Malindo Adi Nugroho dan Muhammad Munzir (R & D Executive KVGSB) secara daring pada Kamis 7 Oktober 2021.

KVGSB merupakan sebuah perusahaan asal Malaysia yang bergerak dalam industri kenaf, yang bertujuan menjadikan kenaf sebagai komoditas ekspor Malaysia. Muhammad Munzir menyampaikan tujuan diadakannya diskusi ini dengan Balittas adalah untuk menjajaki kemungkinan dilakukannya Kerja sama dengan Balittas – Balitbangtan dengan pihak KVGSB mengenai penyediaan benih kenaf Varietas Balittas untuk dapat ditanam di Malaysia. KVGSB berencana akan menanam kenaf seluas 1.000 ha dan akan diperluas menjadi 10.000 ha.

Kerja sama penyediaan benih ini dipandang pelu oleh pihak KVGSB karena di Malaysia belum tersedia benih unggul seperti di Indonesia dan keadaan iklim di Malaysia yang hampir sama dengan Indonesia.

Dr. Andy Wijanarko SP., M.Si, menyampaikan bahwa Balittas memiliki varietas kenaf serta teknologi pendukungnya dengan daya adaptasi yang luas. Prof. Nurindah menyampaikan keunggulan masing-masing varietas kenaf yang telah dilepas.
Dari hasil diskusi ini terdapat peluang kerja sama riset dan pengembangan dengan topik pemanfaatan varietas unggul Indonesia untuk industri kenaf di Malaysia. Pembahasan rencana Perjanjian Kerja Sama dan Kontrak Kerja Sama akan ditindaklanjuti oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Balittas dan Bapak Malindo Adi Nugroho sebagai perwakilan dari KVGSB. Pembahasan kerja sama ini akan dikonsultasikan kepada Sub Koordinator Kerja Sama Balitbangtan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *