Balittas Evaluasi Kemurnian Varietas Tanaman Kapas di Bali

Artikel Kapas Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Puslitbang Perkebunan, Balitbangtan, Kementan melakukan evaluasi kemurnian varietas tanaman kapas (11-13 April 2022) di Bali. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut permohonan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab. Karangasem Provinsi Bali.

Evaluasi dilakukan oleh Pemulia kapas (Taufiq Hidayat RS., M.Si.) dan Teknisi (Suhadi) pada kebun benih sumber kapas di 3 kelompok tani yaitu Kelompok tani Merta Sari Bulakan dan Kelompok tani Adi Merta Wantilan yang terletak di Desa Datah Kec. Abang Kab. Karangasem serta Kelompok tani Pula Sari yang berada di Desa Tulamben Kec. Kubu Kab. Karangasem.

Hasil evaluasi kemurnian varietas kapas Agri Kanesia 20 menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya tanaman menyimpang (off-type) berdasarkan ciri dan karakteristik varietas. Kemurnian varietas masing-masing kebun benih sumber kapas yang dievaluasi mencapai 100%. Sehingga dapat memenuhi persyaratan sebagai kebun benih sumber kapas dengan kelas benih pokok.

Balittas juga menghadiri pertemuan kemitraan kapas yang dirangkaikan dengan panen perdana kapas varietas Agri Kanesia 20 bersama Bupati Karangasem (I Gede Dana, S.Pd, M.Si), instansi terkait, kelompok tani, pemintal, penenun dan pengepul kapas. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan baku benang untuk upacara adat dan produksi kain endek serta menjadikan Kabupaten Karangasem sebagai sentra kapas di Provinsi Bali.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *