Balitbangtan Berpartisipasi Pada Festival Kelapa Ke-5 di Ben Tre, Vietnam

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Provinsi Ben Tre menyelenggarakan festival kelapa kelima selama enam hari, 15-20 November 2019. Festival bertujuan untuk mengapresiasi dukungan petani, industri dan masyarakat terhadap pengembangan sektor kelapa sekaligus mendorong inovasi produk kelapa serta menarik wisatawan lokal maupun global. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan meliputi workshop, seminar, expo, trade fair, launching start-up dan expo inovasi, festival makanan berbasis kelapa, kontes kecantikan untuk wanita yang menggunakan produk berbasis kelapa dan kontes gaun lokal, jalan sehat, business meeting dan lagu / tari dengan tema kelapa serta pesta kembang api.

Festival dibuka dengan resmi oleh wakil perdana menteri Truong Hoa Binh di An Hoi Park, Ben Tre. Dalam sambutannya Truong Hoa Binh menyatakan bahwa kelapa di Ben Tre sudah memberikan kontribusi nyata pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Selanjutnya disampaikan harapannya bahwa produk-produk kelapa dengan kualitas dan berdaya saing tinggi akan semakin dikembangkan untuk membangun industri kelapa berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan untuk masrakat lokal.

Ketua panitia, Cao Van Trong menyatakan bahwa luas areal kelapa di Ben Tre meliputi sekitar 72.000 ha dengan jumlah petani yang terlibat sekitar 200.000. Sekitar 50% kelapa di Vietnam dan 80% kelapa di Mekong Delta berasal dari Ben Tre. Daerah ini menghasilkan sekitar 800 juta buah dengan pendapatan eksport sekitar USD 200 juta.

Sejumlah Negara khususnya Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian diundang sebagai pembicara kunci dengan judul naskah “Enhancing the Coconut Value Chain Adapting Climate Change”. Jelfina C. Alouw yang mewakili Balitbangtan menyampaikan inovasi dan trend permintaan pasar global terhadap produk kelapa khususnya air kelapa, santan kelapa sebagai minuman, dan tepung kelapa yang meningkat secara nyata pada lima tahun terakhir. Selama seminar dan kunjungan ke industri kelapa, terlihat program pengembangan produk kelapa organik inovatif menjadi salah satu tujuan Ben Tre secara umum.

Kerja sama antara pemerintah, swasta dan petani serta masyarakat dalam mendukung kesuksesan kegiatan sangat kental sehingga festival kelapa di Ben Tre dapat dikatakan sukses dan menjadi salah satu yang paling besar selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *