Balit Palma Siap Dukung Rencana Agro Wisata Berbasis Kelapa di Minut

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Balai Penelitian Tanaman Palma, Balitbangtan Kementerian Pertanian sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) Puslitbang Perkebunan menerima kunjungan dari Dinas Pertanian Minahasa Utara Ir. Wangke S. Karundeng, MAP beserta rombongan dan juga Petani Kelapa dari Minahasa Selatan. Kepala Balit Palma, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si yang didampingi oleh pejabat struktural menerimanya di Gedung Taman Sains Pertanian (TSP) Balai Penelitian Tanaman Palma (17/6/20).

Kunjungan Kadis Pertanian Minahasa Utara beserta rombongan ke Balit Palma bertujuan untuk melakukan persiapan yang akan mendukung rencana ke depan dari Bupati Kabupaten Minahasa Utara yang akan menjadikan Minut sebagai tuan rumah dalam Agro Wisata berbasis kelapa.

Kepala Balit Palma menanggapi bahwa Balit Palma siap mendukung rencana kegiatan Agro Wisata berbasis kelapa di Minut. Selain itu, Kepala Balai juga mengapresiasi usaha dari Minut yang mulai berfokus kepada Kelompok Petani Kelapa dan dengan adanya kerjasama berupa bantuan bibit dari Balit Palma diharapkan dapat membuka celah untuk peningkatan pendapatan petani seperti mulai melakukan penyadapan nira kelapa menjadi gula cetak bahkan minuman dari nira kelapa.

Kepala Balit Palma menyambut para tamu istimewa ini di mini theater TSP dengan menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kunjungan tersebut dan dilanjutkan dengan pemutaran video profil Balit Palma serta tayangan Plasma Nutfah tanaman palma. Setelah pemutaran video kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan. Kepala Dinas Minahasa Utara Ir. Wangke S. Karundeng, MAP menyampaikan bahwa Sulawesi Utara menjadi ikon Nyiur Melambai, akan tetapi hal tersebut telah terkikis oleh perkembangan zaman terutama dari hasil akhirnya. Pada umumnya masyarakat atau petani kelapa menjadikan kelapa menjadi kopra. Permasalahannya adalah harga kopra yang tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan. Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama di halaman kantor Balit Palma.

“Jayalah kelapa Indonesia, kayalah petani kelapa Indonesia…

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *