Awal TA 2021, Kepala Puslitbang Perkebunan Mengikuti Rapim B Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Selasa, 5 Januari 2021 – Mengawali tahun anggaran 2021, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan) Ir. Syafaruddin, Ph.D. bersama Kepala Balai dan Koordinator Substansi mengikuti Rapim B Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) secara tatap muka dan daring di AWR Balitbangtan, Gedung Display Puslitbang Perkebunan. Rapim B ini dilaksanakan sehubungan dengan program dan kegiatan Balitbangtan Tahun Anggaran 2021 serta adanya transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional pada UK/UPT lingkup Balitbangtan baru-baru ini. Acara yang diikuti oleh Kepala Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) lingkup Balitbangtan ini dibuka oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA., dilanjutkan dengan arahan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir Fadjry Djufry, M.Si.

Dalam arahannya, Kepala Balitbangtan menyampaikan agar dilakukan percepatan untuk pengadaan belanja modal dan lelang dengan cara yang benar. Percepatan tidak hanya pada belanja modal, termasuk belanja persedian, dan barang/bahan penelitian, tegas Kabadan. Kepala UK/UPT agar mengidentifikasi kegiatan programnya, capaian harus 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian, adanya terobosan kegiatan, pikirkan dan lakukan apa yg dapat dibanggakan oleh UK/UPT masing-masing, imbuh Kabadan. Bapak Menteri Pertanian ingin ada indikator kinerja, capaian di masing-masing UK/UPT, jadi harus mempunyai unggulan, harap Kabadan.

Sebelumnya Kepala Balitbangtan melakukan dialog secara virtual dengan Prof. Dr. Sjarifuddin Baharsjah, M.Sc (Menteri Pertanian RI periode 1993-1998). Fokus pembahasan tentang peran dan kinerja Balitbangtan dalam pembangunan pertanian nasional serta peran BPTP dalam hilirisasi teknologi spesifik lokasi yang ada di lingkup kerjanya.

Dalam Rapim B ini disampaikan juga mekanisme kerja pasca transformasi jabatan struktural ke jabatan fungsional oleh Sekretaris Balitbangtan. Usulan kerjasama perbenihan disampaikan oleh Kepala Puslitbang Peternakan, dan Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, serta Hilirisasi Hasil Pertanian oleh Kepala BB Pasca Panen. Pada kesempatan tersebut juga ditanyakan sejauh mana progress pengadaan belanja modal dan barang persediaan pada UK/UPT lingkup Balitbangtan dan diminta membuat jadwal harian percepatan pelaksanaan serta percepatan kegiatan/anggaran di masing-masing UK/UPT. (Bur/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *