Apresiasi Pengelolaan TIK Lingkup Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mendapat perhatian yang tinggi dari pimpinan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Hal ini terlihat dari setiap tahun Balitbangtan mengadakan Temu Koordinasi dan Workshop bagi pengelola TIK lingkup Balitbangtan. Kali ini, kedua kegiatan tersebut digabung dalam bentuk pertemuan Apresiasi Pengelolaan TIK lingkup Balitbangtan dengan tema “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Pertanian Modern”, tanggal 10 – 13 September 2014 di Yogyakarta.

Apresiasi pengelolaan TIK dibuka langsung oleh Sekretaris Balitbangtan, Dr. Agung Hendriadi melalui teleconference dari Jakarta. Dalam sambutannya Agung mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Balitbangtan. Sebelumnya ada Temu Koordinasi yang diikuti oleh pengelola TIK Puslit/Balit, dan Workshop TIK yang diikuti oleh pengelola TIK BPTP dan LPTP seluruh Indonesia. Kali ini pesertanya digabung dalam bentuk acara Apresiasi Pengelolaan TIK lingkup Balitbangtan, ujar Agung.

Kegiatan apresiasi ini bertujuan agar pengelola TIK lingkup Balitbangtan dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam upaya untuk meningkatkan TIK Balitbangtan, serta melakukan evaluasi TIK untuk 5 tahun terakhir. Secara kelembagaan, pengelolaan TIK lingkup Balitbangtan sudah dibentuk dalam bentuk kelompok kerja (pokja): Website, Aplikasi Database, dan Jaringan TIK. Dengan terbentuknya pokja tersebut diharapkan mampu menyusun program apa saja yang akan dilakukan.

Kegiatan apresiasi selama 4 hari ini akan diisi dengan kegiatan presentasi makalah tentang Pengelolaan TIK, Strategi Website sebagai Media Diseminasi, Private Cloud Computing, E-Office, dll. Kegiatan ini diikuti oleh penanggung jawab dan pengelola TIK dari 66 satker lingkup Balitbangtan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) dalam acara ini  menugaskan Bursatriannyo dan Herwindo Dharmawan untuk mengikuti kegiatan tersebut. (/Bursa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *