Apresiasi Aplikasi Si-TEKBUN Puslitbangbun, Wamentan: Inovasi Ini Luar Biasa!

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, hadir dalam peluncuran aplikasi Sistem Informasi Teknologi Perkebunan (Si-TEKBUN) yang digagas langsung oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Ir. Syafaruddin, Ph.D, di Kantor Puslitbangbun Bogor, Selasa (19/10).

Pada kesempatan itu, Wamentan turut mengapresiasi inovasi perkebunan berbasis informasi teknologi ini. Menurutnya, di era perkembangan teknologi saat ini, akses informasi dan data menjadi hal yang sangat penting.

“Inovasi teknologi ini sudah luar biasa. Hal ini penting sekali. Saya berharap ini lebih optimal, lebih bisa memperkenalkan kepada masyarakat agar kementerian kita jangan sampai dinilai sebagai kementerian yang masih berbasis teknologi yang kuno, tidak modern dalam mengakses data,” ujar Harvick.

Selain itu, ia menambahkan, kemudahan akses informasi dan data menjadi salah satu daya tarik para kaum muda untuk terjun ke profesi petani maupun pekebun. Mengingat, lanjutnya, para kaum milenial tersebut sangat akrab dengan perkembangan teknologi informasi.

Kapuslitbangbun menjelaskan, aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya Puslitbangbun untuk mendiseminasikan seluruh hasil penelitian yang telah dilakukan, baik itu Varietas Unggul Baru maupun produk invensi yang telah dihasilkan oleh Puslitbangbun.

“Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk upaya kami dalam mendiseminasikan hasil-hasil penelitian yang telah kami lakukan. Tentunya kami juga berharap semoga aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat memperoleh informasi khususnya di bidang penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan,” terang Kapus.

“Terkait aksesnya, target kami minggu depan aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Playstore oleh para stakeholder”, tambahnya.

Sebagai informasi, di dalam aplikasi Si-TEKBUN terdapat media informasi Database Perkebunan (DBasebun) yang berisi database informasi teknologi hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan Puslitbangbun serta MODTEKBUN sebagai model evaluasi terhadap kegiatan diseminasi yang telah dilakukan kepada para stakeholder khususnya terkait dengan komoditas perkebunan. (Anjas/Tim Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *