Yakon (sebagai Alternatif untuk Obat Diabetes Melitus

Artikel Obat Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Secara tradisional masyarakat telah lama menggunakan daun kari sebagai bahan baku untuk formulasi obat tradisional. Kandungan kimia yang terdapat di dalam daun kari banyak mengandung senyawa kimia yang berkhasiat sebagai obat.

Yakon (Smallanthus sonchifolius) tanaman yang kaya dengan insulin, dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dierna oleh enzim pencernaan, tetapi dapat difermentasi oleh usus besar. Umbi yakon mengandung FOS yaitu sejenis fruktosa yang tidak dapat diserap tubuh dan memiliki aktivitas prebiotik.

Daun yakon mengandung asam chlorogenic, asam ferulat, dan asam caffeic yang memiliki potensi sebagai antioksidan, menurunkan kada gula dalam darah dan meningkatkan konsentasi plasma insulin, menghambat mutagenik dan karsinogenik karena kerusakan DNA serta dalam sirkulasi darah berperan memhambat oksidasi LDL.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dengan meminum 2 kali sehari 1 gelas air rebusan daun yakon dapat menurunakn kadar gula dalam darah. Lima lembar daun yakon segar direbus dengan air 2 gelas, sampai airnya tinggal 1 gelas, lalu diminum.

Gambar. Tanaman Yakon, a) daun, b) bunga, dan c) umbi yakon.

Selengkapnya download file : perkebunan_WartaVol21No3-2015.pdf

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *