Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Menggunakan Aplikasi OJS

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik menggunakan Aplikasi Open Journal System (OJS) diselenggarakan pada hari kamis, tanggal 7 Januari 2016 yang diikuti oleh 90 orang peserta terdiri dari para Peneliti dan Pengelola Jurnal lingkup Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Acara bertempat di Auditorium Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Balittro Dr. Agus Wahyudi. 

Dalam sambutannya, Kepala Balittro menekankan pentingnya workshop pengelolaan jurnal elektronik menggunakan aplikasi OJS ini untuk meningkatkan kompentensi kita sebagai peneliti menuju indeksasi Internasional.

Workshop pengelolaan Jurnal elektronik ini mengundang narasumber dari Puslit Biologi LIPI Deden Sumirat Hidayat, M.Kom. Dalam paparannya Deden menyampaikan pentingnya OJS diantaranya proses instalasinya lebih mudah dibandingkan sistem jurnal yang lain, dengan OJS dapat menseting website jurnal, kualitas Jurnal terangkat dan lebih ekonomis.

Lebih lanjut Deden mengatakan, beberapa hal yang menyebabkan E-Journal dipilih karena keragaman kebutuhan informasi pengguna, faktor ekonomi, naskah jurnal ilmiah hasil penilitian yang merupakan aset berharga, permintaan kebutuhan informasi pengguna yang tinggi, komunitas pengguna (patron community) yang besar, tuntutan perkembangan dan kemajuan bidang Teknologi Informasi (TI), proses editorial ilmiah yang memakan waktu lama dan persyaratan akreditasi, registrasi DOI, DOAJ, dan lain-lain yang praktis.

Workshop yang dilaksanakan satu hari ini menyampaikan materi Pengelolaan Jurnal Elektronik mencakup 1) Pengantar OJS; 2) Manajemen Situs; 3) Manajemen Jurnal; 4) Manajemen penerbitan; 5) Evaluasi dan penilaian jurnal; 6) Video penerbitan; 7) Internasional jurnal; 8) Praktek Open Journal System (OJS).

Sumber : LIPI, 2015

 

Foto : Pembukaan Workshop OJS oleh Kepala Balittro Dr. Agus Wahyudi, narasumber dari LIPI Deden Sumirat Hidayat, M.Kom., dan para peserta workshop.

Dengan terlaksananya workshop OJS ini diharapkan dapat meningkatkan kompentensi para peneliti dan pengelola jurnal lingkup Puslitbang Perkebunan menuju indeksasi Internasional. (naskah/foto : Efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *