Wapres JK Kunjungi Geltek HPS ke-35

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kala, berkenan mengunjungi Gelar Teknologi (Geltek) Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 pada tanggal 17 Oktober 2015 di Palembang. Pagelaran geltek yang berlangsung sampai tanggal 20 Oktober tersebut berada di kompleks olahraga Jakabaring.

Tema Geltek HPS ke-35 adalah “Teknologi Unggulan Mendukung Swasembada Pangan dan Kesejahteraan Petani” yang bertujuan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian/pengkajian bidang pertanian, kelautan, dan perikanan secara langsung kepada pengguna dan masyarakat agar dapat mengaplikasikan inovasi teknologi dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan percepatan perbaikan gizi masyarakat.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian mengkoordinasikan gelar teknologi yang difokuskan utamanya pada tujuh komoditas strategis yaitu padi, jagung, kedelai, tebu, sapi, cabai, dan bawang merah, serta aneka tanaman pangan alternatif, biofarmaka, dan teknologi budidaya hortikultura secara intensif sebagai pendukungnya.

Puslitbang Perkebunan berpartisipasi aktif dengan menampilkan geltek tanaman tebu dan biofarmaka.  Wapres Jusuf Kala yang didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Menteri Pertanian, dan para pejabat lainnya berkenan melihat demo teknik pembibitan tebu melalui Bud Chips.  Bud Chips merupakan teknik pembibitan tebu yang efisien tempat dan transportasi, serta lebih ekonomis dari segi bahan bibit. Di samping itu mengatasi permasalahan kecukupan bibit dan lahan untuk perbenihan tebu.

Wapres juga tertarik meninjau geltek biofarmaka yang menampilkan aneka tanaman herbal yang ditata secara apik dalam bentuk taman. Melengkapi aneka tanaman herbal tersebut, berbagai produk biofarmaka dan publikasinya juga ditampilkan di saung agro yang berada di geltek biofarmaka sehingga pengunjung mendapatkan informasi yang lebih lengkap.  Selama perhelatan geltek HPS, geltek biofarmaka banyak diminati pengunjung dan memberikan informasi penting khususnya dalam pengobatan penyakit secara alami.

Kunjungan Wapres dan pejabat lainnya di Geltek HPS ke-35.

Wapres dan Menteri Pertanian memperhatikan pembibitan tebu menggunakan alat Bud Chips (Foto kiri), dan  Wapres mengunjungi geltek biofarmaka (Foto kanan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *