Wapres Kunjungi Stand Badan Litbang Pertanian pada RITECH Expo 2014

Aktifitas Puslitbangbun

Wakil Presiden RI, Budiono mengunjungi stand Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian pada acara puncak pameran Research, Innovation and Technology Exhibition (RITECH Expo) 2014 di Gedung II BPPT, Jakarta (11/8/2014). RITECH Expo 2014 dilaksanakan sejak tanggal 9 Agustus 2014 dan berakhir tanggal 12 Agustus 2014.

Pada kunjungan tersebut, Wapres Budiono yang didampingi Menristek Gusti Muhammad Hatta mendapatkan penjelasan dari peneliti Badan Litbang Pertanian, Sri Yuliani tentang produk-produk nano yang telah dihasilkan. Produk-produk nano seperti FORVITAM FORVITAM (susu bubuk sehat tanpa lemak dan bebas gula diperkaya Nano-Vitamin A dan Nano-Zat Besi, kaya Kalsium), Nano Curcuma Drink, Nano Green Tea Drink, Nano Emulsi Cacao, Roti Nano-Biopreservative, Cassava Flake. Ada juga produk dari tanaman kemiri sunan sebagai energi  terbarukan berupa minyak biodiesel, bahan pembuat sabun, pupuk hayati, dan tanaman kemiri sunan.

Kepala Balitbangtan Dr. Haryono dalam konferensi persnya mengatakan bahwa Nanoteknologi menawarkan solusi pilihan bagi permasalahan tersebut. “Nano teknologi dapat diterapkan dihulu maupun hilir pertanian”. Teknologi ini dapat menjadi penopang kemajuan pertanian Indonesia di masa depan, ujar Kepala Balitbangtan.

Sebagai informasi bahwa struktur nano memunculkan sifat unik dengan aktivitas dan fungsionalitas yang sangat besar, yang memungkinkan dilakukannya pekerjaan-pekerjaan yang bersifat cepat, tepat, akurat, tahan lama, mekanisme terkendali, dan sejumlah pekerjaan lainnya dengan efisiensi yang tinggi. Nanoteknologi juga memungkinkan diaplikasikannya konsep sustainable-green economy.

Balitbangtan yang bersinergi dengan pelaku litbang lainnya dan mitra industri dalam Konsorsium Agro-Nanoteknologi yang diinisiasi oleh Komite Inovasi Nasional,  telah berupaya mengoptimalkan dan mempercepat capaian target litbang agro-nanoteknologi. Ruang lingkup nano teknologi yang sudah dilakukan oleh para peneliti nano dari Balitbangtan di antaranya adalah produk-produk nano seed, nano fertilizer, nano pesticide, nano fortifikasi, nano food dan nano nutracetica, nano coating dan packaging, nano hormon/vaksin, serta nano sensor dan nano device.

Puluhan stand pameran RITECH Expo kali ini diisi peserta dari berbagai institusi seperti LPNK Kemenristek, Kementerian/Lembaga lainnya, BUMN, Badan Litbang, (termasuk Badan Litbang Pertanian), Bappeda, industri swasta dan masyarakat.

Beberapa produk yang dapat dilihat sebagai hasil pengembangan dalam RITECH Expo 2014 terbagi dalam 3 (tiga) zona yakni zona pangan, zona energi, dan zona air. Hasil karya anak bangsa tersebut antara lain varietas unggul kedelai, padi, kacang hijau, dan sorgum hasil pemuliaan mutasi radiasi, teknologi modifikasi cuaca (hujan buatan), baterai sekunder lithium untuk kendaraan listrik, dan inovasi-inovasi iptek lainnya (\Bursa).

Kepala Balitbangtan Dr. Haryono menghadiri acara puncak RITECH Expo 2014 (foto kiri). Wapres Budiono memberikan sambutan dan arahan pada acara puncak RITECH Expo 2014 tanggal 11 Agustus 2014 (foto kanan).

Wapres Budiono yang didampingi Menristek Gusti Muhammad Hatta mendapatkan penjelasan dari Sri Yuliani, peneliti Nano Badan Litbang Pertanian (foto kiri). Peneliti Badan Litbang Pertanian bersama Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka), dan Kepala Bidang KSPHP Puslitbang Perkebunan pada RITECH Expo 2014 (foto kanan).

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *