VUB Kelapa Dalam Sri Gemilang

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Varietas Varietas Kelapa

VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Kelapa Dalam Sri Gemilang merupakan varietas unggul baru (VUB) tanaman perkebunan yang telah dilepas pada tahun 2016. VUB ini berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir, adaptif pada lahan pasang surut. Potensi produksi kopra > 3 ton/hektar/tahun, kadar minyak 65,19%, protein 8,96%, galaktomanan 1,7%, fosfolipid 0.04%.

Kadar minyak, protein dan galaktoman relatif lebih tinggi dari varietas yang telah dilepas sedangkan kadar fosfolipid lebih rendah atau sama dengan varietas unggul lainnya.

Hasil observasi menunjukkan tidak ditemukan serangan hama Sexava sp dan Brontispa sp, terdapat serangan hama Oryctes sp dan Acerya sp dengan tingkat serangan rendah/ringan. Tidak ditemukan gejala serangan penyakit utama gugur buah dan busuk pucuk serta Steem Bleeding.

Potensi benih untuk pengembangan atau peremajaan + 39.200 butir per tahun.  Varietas ini telah menyebar di daerah  Parit Sialang Krubuk, Desa Hidayah, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir,  Provinsi Riau.

Gambar. Kelapa Sri Gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *