Visitasi, Jalan Menuju Diperolehnya Izin Produksi Usaha Benih Balittri

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Balitbangtan, Kementan, menerima visitasi dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat (Selasa, 23/1/2018). Visitasi dipimpin oleh Dedi Rusmiadi, S.Sos., M.M dari DPMPTSP yang didampingi oleh Ir. Heri Damana dan Ir. Wawan dari Balai Sertifikasi dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Perkebunan (BSPMBTP), yang diterima langsung oleh Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D.

Visitasi ini merupakan salah satu tahapan dari serangkaian kegiatan penilaian untuk diperolehnya Izin Usaha Produksi Benih (IUPB), yang menjadi syarat mutlak bagi suatu badan hukum untuk melakukan produksi benih bina.

Sebagai instansi pemerintah, Balittri sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puslitbangbun berkewajiban memiliki IUPB tanaman perkebunan, khususnya kopi arabika, kopi robusta, kakao, dan karet. Selain itu, Balittri juga mengajukan permohonan IUPB untuk komoditas lainnya yaitu tanaman teh, makadamia, melinjo, asam, kola, iles-iles, kemiri sayur, kelapa, dan kemiri sunan. Nantinya bisa juga ditambahkan komoditas-komoditas lain yang menjadi koleksi plasma nutfah Balittri, terutama untuk tanaman perkebunan.

Selanjutnya kunjungan ke lapangan yang dipimpin Dr. Samsudin, Kasie Yantek dan Jaslit yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan Perbenihan kopi Arabika. Tim visitasi berkesempatan mengunjungi fasilitas perbenihan di zona 1, 2 dan 3, didampingi juga oleh penanggung jawab komoditas karet dan kakao yaitu Ir. Saefudin dan Ir. Bambang Eka Tjahjana.

Selamat Balittri, semoga lancar prosesnya dan dapat diikuti oleh seluruh UPT lingkup Puslitbangbun.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *