Varietas Unggul Mentha MEARSIA 1

Varietas

VARIETAS UNGGUL PERKEBUNAN – Mentha (Mentha spp.), tanaman aromatik penghasil minyak atsiri yang bernilai tinggi yang bukan merupakan tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari daerah sub tropik. Minyak digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan, minuman dan farmasi dengan rasa khas yaitu sejuk menyegarkan.

Hasil uji adaptasi 4 nomor harapan mentha di 6 agroekologi selama 1 tahun dan produksi dalam 3 kali panen menunjukkan bahwa dari karakter produksi terna basah dan kering angin, produksi minyak, kadar minyak dan kadar total menthol, diperoleh satu varietas unggul MEARSIA 1 (Mentha arvensis Indonesia 1) yang stabil dengan produksi di atas rata-rata umum dan mampu beradaptasi pada semua lingkungan dengan keunggulan yaitu : produksi terna basah 10,57 ton/ha/tahun, produksi terna kering angin 3,64 ton/ha/tahun, produksi minyak 80,72 kg/ha/tahun, kadar minyak 2,77% dan kadar total menthol 64,26%.

Karakteristik mofologi yaitu bentuk daun memanjang (oblongus), warna daun hijau tua (7.5 GY 4/6) dan warna batang merah keunguan (5R 4/4).

(\Endang Hadipoentyanti, Balittro, Bogor)

Sumber : Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri Vol. 18, Nomor 1, Desember 2012

Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *