Varietas Unggul Baru Serai Wangi

Artikel Rempah Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Semakin meluasnya pengembangan serai wangi sampai ke dataran tinggi, diperlukan varietas unggul yang mampu beradaptasi baik pada kondisi agroklimat dataran tinggi, dengan proudksi minyak dan mutu yang tinggi. Pada tahun 2015 Badan Litbang Pertanian telah melepas varietas unggul baru serai wangi dengan nama Sitrona 1 Agribun dan Sitrona 2 Agribun.

Produksi minyak, kandungan sitronela dan geraniol dari kedua varietas tersebut lebih  tinggi dari varietas Serai Wangi 1. Varietas tersebut pengembangannya meluas ke lahan-lahan marjinal/lahan kering, lahan miring sebagai konservasi dan pemanfaatan lahan di antara tegakan pada lahan-lahan perkebunan.

Varietas Sitrona 1 Agribun memiliki keunggulan pada produksi herba kering (4.862 g/rumpun/tahun), yang lebih tinggi dari Sitronela 2 Agribun. Kadar minyak atsiri, Sitrona dan geraniol Sitrona 2 Agribun lebih tinggi dari Sitrona 1 Agribun.

Secara morfologis kedua varietas berbeda pada tipe daun di bagian pucuk/tengah rumpun. Pada Sitrona 1 Agribun daun tegak lurus ke atas dan kaku, sedangkan Sitrona 2 Agribun terkulai/lemas. Kedua varietas berbeda dengan varitas Serai Wangi 1 yang dilepas tahun 1992.

Selengkapnya download fulltext : perkebunan_Infotek-seraiwangi

Info terkait :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *