Varietas Kelapa Bido Morotai

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight Varietas Varietas Kelapa

Varietas Unggul Perkebunan – Varietas Kelapa Bido Morotai merupakan varietas asal Pulau Morotai, Maluku Utara, Provinsi Maluku Utara. Ciri khasnya berbatang pendek, produksi buah dan nira yang tinggi. Kelapa Bido lambat bertambah tinggi dibanding kelapa tipe Dalam. Gambar 1 membuktikan kelapa Bido dan kelapa Dalam dengan umur yang sama (60 tahun).

Mulai berbuah umur 3 tahun, ukuran buah bulat dan besar (2,5 kg/butir). Varietas ini tumbuh baik di lahan kering iklim  basah dengan tinggi   tempat  <100 m dpl, curah hujan >1500 – 2.500 mm per tahun dengan bulan kering  < 6 bulan kering dengan curah hujan 1000-1200 mm/tahun. Kelapa Bido memiliki potensi hasil kopra lebih dari 4 ton/ha/tahun, dengan berat kopra/butir 320 gr dan kadar minyak 58,34 %.

Kelapa Bido Morotai ini merupakan Varietas Unggul Baru (VUB) Kelapa yang sudah dirilis Balitbangtan dalam sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan yang digelar Direktorat Perbenihan, Ditjen Perkebunan tanggal 21 April 2017.

Gambar 1. Kelapa Bido, umur 60 tahun tinggi batang 9 m (kanan), kelapa Dalam lokal disekitarnya dengan umur yang sama memiliki tinggi batang > 20 m (kiri).

 

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Info terkait: Dua Lagi Varietas Unggul Baru Kelapa Berhasil Dirilis Balitbangtan

2 thoughts on “Varietas Kelapa Bido Morotai

  1. Malam
    Ini saya mo tanya,,, bagaimana caranya kita mendapatkan bibit kelapa bido morotai ini. Tks
    Kandis – Siak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *